Dari dulu sampai dengan saat ini, berbagai jenis perhiasan emas termasuk kalung merupakan barang berharga yang tak semua orang bisa memilikinya. Namun sebenarnya apa saja yang mempengaruhi harga dari kalung emas tersebut? Ternyata, bukan hanya angka gram saja yang mempengaruhinya. Bahkan kalung emas 10 gram saja memiliki nilai harga yang berbeda, lho!

Gram sendiri merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur berat sebuah perhiasan emas. Meski gramasi pada sebuah perhiasan dapat menjadi tolak ukur harga, namun hal tersebut bukanlah patokan yang utama, masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi akan nilai harganya.

Lalu, faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi harga dari kalung emas? Berikut beberapa diantaranya:

  • Kadar karat emas pada kalung

Kadar karat sendiri merujuk pada kandungan kandungan emas yang menjadi material pembuatan kalung. Nilai kadar karat emas tertinggi yaitu 24 karat yang artinya emas tersebut merupakan emas murni  tanpa campuran apapun.

Karena demikian, harganya pun tentu lebih tinggi dibanding dengan kadar emas di bawahnya seperti 18, 16 atau 14 karat. Ketiga nilai karat tersebut mengandung campuran logam lain di dalamnya. 

Dapat disimpulkan, semakin murni emas atau semakin tinggi kadar karat, maka akan semakin mahal pula harganya.

kalung emas 10 gram

kalung emas 10 gram

  • Model kalung

Faktor yang mempengaruhi harga dari sebuah kalung emas selanjutnya adalah model atau desainnya. Model kalung sendiri erat hubungannya dengan tingkat kerumitan serta detail yang ada pada kalung tersebut. Semakin rumit desain kalung, seperti memiliki ukiran, hiasan batu permata hingga elemen-elemen dekoratif lainnya maka akan semakin mahal pula harganya.

Karena, kalung dengan desain yang lebih rumit atau disematkan berbagai hiasan akan memerlukan biaya produksi yang lebih tinggi sehingga tentu akan berdampak pada harga jualnya di pasaran.

  • Harga emas dunia 

Harga emas di pasar global tentu mempengaruhi harga kalung emas yang ada di berbagai gerai. Jadi, jika harga emas dunia meningkat, maka sudah pasti harga perhiasan di berbagai gerai seluruh dunia, termasuk Indonesia akan menyesuaikan harga kalung emas yang dijualnya. 

Hal tersebut karena mereka juga harus membeli perhiasan emas baru dari pemasok yang mengikuti harga emas pasaran global. Artinya, jika harga emas global naik, maka harga kalung perhiasan emas di gerai-gerai lokal juga ikut meningkat. Begitupun sebaliknya!

  • Permintaan dan Penawaran

Sesuai dengan prinsip dasar ekonomi dan bisnis, ketika banyak orang yang ingin membeli kalung emas tertentu, maka harganya pun akan otomatis ikut naik, apalagi jika stoknya terbatas dapat dipastikan harganya akan semakin melonjak dan itu merupakan hal yang sangat wajar.

Jadi, jika Anda menginginkan produk perhiasan yang langka, maka jangan kaget jika harganya tinggi meski gramasinya sama yaitu 10 gram.

Nah itulah dia beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi harga kalung emas. Jadi, Anda jangan kaget ketika akan membeli kalung emas dengan gram yang sama yaitu 10 gram akan tetapi harganya berbeda.

Bagi Anda yang sedang mencari atau berniat untuk membeli kalung emas 10 gram, pastikan Anda membelinya di gerai terpercaya, ya! Hal tersebut tidak lain untuk menghindarkan Anda dari berbagai resiko yang bisa merugikan diri sendiri.

Untuk urusan tempat pembelian, Anda bisa mempercayakannya pada The Palace Jeweler yang merupakan salah satu brand perhiasan profesional, terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Koleksi kalung emas yang ditawarkannya sangat lengkap sehingga Anda bisa mendapatkan kalung emas yang benar-benar sesuai yang diinginkan.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *