Melihat dari definisinya, content marketing merupakan salah satu strategi atau metode pemasaran, dengan mengandalkan segala jenis konten sebagai senjata utamanya. Ketika Anda sedang menjelajahi internet, baik itu berupa tulisan ataupun video, itulah yang disebut dengan konten.

Dengan semakin mudahnya akses menuju internet, ini bisa menjadi lahan yang sangat menjanjikan untuk memasarkan sebuah produk atau layanan, yang ditawarkan oleh sebuah brand. 

 

content marketing

 

Contoh Penerapan Content Marketing 

Bagi Anda yang masih awam tentang dunia content marketing, berikut kami akan berikan beberapa contoh penerapannya. 

  • Artikel Blog

Pembuatan artikel dan mempublikasikannya secara konsisten pada blog perusahaan atau platform lainnya, yang berisikan tentang informasi yang bermanfaat bagi para pembaca. Secara tidak langsung ini juga bisa membantu meningkatkan visibilitas sebuah brand secara online. 

  • Desain Infografis

Infografis mencakup tentang gabungan beberapa informasi penting, yang dikemas dalam desain visual yang menarik. Ini bisa membantu mempermudah audiens dalam memahami tentang suatu hal, dan bisa berpotensi meningkatkan sharing content

  • Konten Video

Pembuatan video yang menarik, bisa dalam format hiburan, wawancara, ataupun tutorial, dengan tujuan untuk menciptakan terjadinya komunikasi yang baik dengan para pelanggan, melalui berbagai platform online seperti Tiktok, Youtube, dan lain sebagainya. 

  • Podcast

Podcast merupakan salah satu contoh penerapan konten marketing yang sedang naik daun. Ini bisa menjadi opsi pemasaran yang bisa menjangkau audiens yang lebih suka mendengarkan, daripada membaca artikel ataupun menonton video. 

  • Email Marketing

Terbilang cukup klasik, namun nyatanya email marketing ini masih dirasa sangat ampuh untuk menjangkau calon target audiens. Dengan memanfaatkan email untuk mengirimkan konten yang terkait, sehingga bisa memungkinkan terjadinya hubungan yang lebih baik, dan juga prospek yang lebih menjanjikan kedepannya. 

Bagaimana Cara Memulainya? 

Untuk memulai menerapkan strategi pembuatan konten marketing ini sendiri, setidaknya bisa Anda ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut: 

  • Menetapkan Tujuan

Pertama, tentukan dulu tujuan Anda dalam menerapkan strategi pembuatan konten marketing ini. Apakah untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, meningkatkan konversi, atau meningkatkan kesadaran merek saja? Upayakan tujuan yang dibuat, sudah bisa terukur dan dapat diwujudkan oleh internal perusahaan Anda. 

  • Mengenali Target Audiens

Agar kontennya lebih berisi, pastikan Anda sudah mengenal target audiensnya dengan baik. Ketahui kebutuhannya, preferensi pribadinya, serta masalah yang sering mereka temui.

  • Memilih Platform yang Tepat

Penting untuk bisa memilih platform atau media online yang bisa sesuai dengan target audiens bisnis Anda. Selain Instagram, Youtube, juga masih ada banyak opsi lain yang bisa Anda pilih. Ini bisa diukur dari perilaku konsumen atau dengan berdasarkan karakteristik demografisnya. 

  • Buat Perencanaan Konten

Buatlah perencanaan konten yang bisa Anda buat dalam bentuk kalender editorial. Yang mana didalamnya mencakup tentang topik, rencana tanggal publikasi, serta jenis konten apa saja yang akan dibuat. Bisa lebih baik kalau pembuatan kontennya, berisikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan peristiwa atau tren terkini yang sedang berlangsung di tengah masyarakat. 

  • Promosikan Konten Anda

Terdapat banyak saluran online yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan konten Anda. Baik itu dengan menggunakan email, media sosial atau yang lainnya. Pergunakan tagar  yang sesuai, dan tandai influencer yang bisa membantu mendongkrak visibilitas merek bisnis Anda. 

Menjadi sebuah catatan bahwa, untuk memulai pembuatan content marketing yang baik, sejatinya memerlukan pengetahuan, kemampuan, dedikasi dan juga konsistensi.

Bila dirasa dalam internal perusahaan Anda tidak bisa melakukannya dengan baik, maka bisa bekerja sama saja dengan digital agency terbaik saat ini, yakni IDEOWORKS. 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *