makanan untuk kesehatan mata

makanan untuk kesehatan mata

Mata adalah salah satu indera yang sangat berharga. Dengan memiliki penglihatan yang baik, otomatis akan meningkatkan kualitas hidup kita sehari-hari. Dan salah satu cara menjaga kualitas penglihatan, tentunya adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan untuk kesehatan mata.

Makanan yang Baik Untuk Mata

Berikut ada beberapa makanan untuk kesehatan mata yang sudah terbukti ampuh untuk menjaga kualitas penglihatan. 

  • Wortel

Di dalam wortel terdapat kandungan beta-karoten, yang kemudian dapat diubah menjadi vitamin A pada tubuh. Yang dimana vitamin A ini merupakan suatu kandungan penting untuk mengoptimalkan penglihatan, terutama ketika sedang berada dalam kondisi cahaya yang redup. 

  • Telur

Selain dalam wortel, kandungan vitamin A juga bisa Anda dapatkan dari konsumsi telur. Terkandung juga di dalamnya sebuah kandungan yang bernama lutein, yang baik untuk mata. 

  • Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam misalnya, bisa membantu melindungi mata dari berbagai kerusakan terutama oleh paparan sinar matahari. Sebab didalamnya, sayuran berdaun hijau ini sudah mengandung lutein dan zeaxanthin. 

  • Ikan

Berbagai jenis ikan berlemak seperti mackerel, sarden dan salmon terdapat kandungan asam lemak omega-3, yang bagus untuk mendukung kesehatan mata. 

  • Jeruk 

Jeruk dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, juga bisa membantu melindungi mata dari berbagai kerusakan oksidatif. Pasalnya buah-buahan ini merupakan sebuah antioksidan yang kuat, yang bagus untuk mata. 

Gaya Hidup yang Mendukung Kesehatan Mata

Selain mengkonsumsi makanan diatas, untuk mendukung kesehatan mata juga bisa Anda terapkan gaya hidup sebagai berikut: 

  • Beristirahat dari Layar

Jika Anda sering menghabiskan waktu di depan layar gadget atau komputer, lakukan istirahat sejenak dalam setiap jamnya, guna untuk memberikan jeda terhadap mata Anda. 

  • Gunakan Kacamata Hitam

Ketika Anda beraktivitas di luar ruangan, gunakan kacamata hitam untuk memproteksi mata Anda dari paparan sinar UV, yang dapat merusak kesehatan mata. 

Penglihatan merupakan sebuah anugerah yang berharga, dan tugas kita adalah dengan menjaga kesehatannya dengan baik. Selain mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan mata juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan tetes mata Insto, yang mudah didapatkan di toko-toko terdekat. 

 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *