Ketika kita sedang kepepet membutuhkan sejumlah uang, maka dengan melakukan pinjaman dana tunai ke Bank atau Lembaga keuangan lainnya, menjadi salah satu opsi yang paling tepat untuk anda lakukan. Sebab dengan mengajukan pinjaman dana ke Bank atau Lembaga keuangan ini, terhitung lebih nyaman daripada harus meminjam uang ke rentenir yang berkeliaran di wilayah anda. 

Hanya pastikan saja tempat anda mengajukan pinjaman dana tunai ini, sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang merupakan suatu Lembaga pengawas industri keuangan yang legal di Indonesia. Jadi bilamana anda mendapati tempat meminjam uang itu belum terdaftar di OJK, bisa jadi tempat pinjaman tersebut masih ilegal adanya. 

Namun sebelum lebih jauh anda mau mengajukan pinjaman dana tunai ini ke Bank atau Lembaga keuangan lain, ada baiknya anda mempertimbangkan berbagai hal sebagai berikut, agar tidak menyesalinya dikemudian hari. 

pinjaman dana tunai

pinjaman dana tunai

  • Pastikan anda mempunyai penghasilan yang stabil

Yang namanya rezeki itu masih menjadi misteri dari sang Ilahi, namun yang namanya angsuran itu adalah sebuah kepastian, yang harus anda bayarkan setiap bulannya ke Bank atau Lembaga keuangan yang terkait. Dan bilamana anda telat bayar, atau terjadi gagal pembayaran secara total, maka secara otomatis nama baik anda akan di blacklist dalam dunia perbankan. Dengan demikian sebelum anda mengajukan pinjaman uang ke Bank ini, ada baiknya anda sudah memiliki penghasilan yang stabil setiap bulannya, agar bisa lancar dalam pembayaran angsurannya. 

  • Sebaiknya digunakan untuk tujuan yang jelas

Ketika anda meminjam sejumlah uang dari Bank dan Lembaga keuangan lainnya, maka sebaiknya digunakan untuk tujuan yang jelas. Lebih baiknya lagi jika pinjaman uang tersebut anda gunakan untuk keperluan yang sifatnya produktif ataupun yang sifatnya investasi, agar bisa mendatangkan keuntungan bagi kesehatan finansial anda. 

  • Cari tahu mengenai suku bunga pinjaman yang akan dibebankan

Setiap bank atau Lembaga keuangan yang lainnya ini, sejatinya memiliki kebijakan suku bunga pinjaman yang harus anda bayarkan. Perhatikan beban bunga yang dibebankan terhadap pinjaman anda, apakah termasuk rendah atau tinggi. Dan tentunya sebaiknya ketika anda ingin mengajukan pinjaman ke Bank atau Lembaga keuangan lain, carilah yang menawarkan suku bunga yang rendah seperti dari pinjaman Bank Danamon, agar jumlah pinjaman anda tidak terlalu mencekik. 

 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *