MPASI atau makanan pelengkap ASI merupakan makanan khusus yang sudah bisa Anda berikan pada anak-anak yang sudah berusia 6 bulan. Saat ini ada banyak sekali resep MPASI yang bisa Anda olah sendiri di rumah. Namun, Anda tidak boleh asal memilih resep.

Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan kepada Anda bagaimana cara mengolah resep MPASI yang baik dan benar.

  1.     Pemilihan Bahan yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah memilih jenis bahan-bahan yang akan diolah menjadi MPASI. Ada banyak sekali bahan makanan yang bisa Anda pilih. Sebut saja salah satunya beras merah, hati ayam, dan brokoli.

Beras merahnya adalah karbohidrat, sementara hati ayam merupakan kandungan proteinnya. Di lain sisi, brokoli adalah sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Dengan begitu, tiga bahan tersebut sudah memenuhi standar MPASI yang lezat dan bernutrisi.

  1.     Pengolahan yang Baik dan Benar

Proses pengolah MPASI harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, bernutrisi atau tidaknya sebuah MPASI ini tergantung dari pengolahannya. Contohnya saat mengolah sayuran, Anda harus mengolahnya dengan tingkat kematangan yang tepat.

resep mpasi

resep mpasi

Sedangkan untuk daging, cara pengolahannya harus benar-benar optimal. Anda harus mematangkannya dengan memanaskannya secara sempurna dan lebih lama dari sayuran.

  1.     Cara Menghaluskan MPASI yang Baik

Tekstur makanan pelengkap ASI harus halus atau lembek seperti bubur. Karena sistem pencernaan anak di usia 6 bulan hingga 1 tahun belum terbentuk secara sempurna. Artinya, anak-anak harus mendapatkan asupan makanan yang halus sekali.

Ada dua cara yang tepat untuk menghaluskan makanan pelengkap ASI. Pertama Anda bisa memblender semua bahan makanan yang sudah dimatangkan. Kedua bisa juga dengan cara menghaluskannya secara manual.

Cara menghaluskan yang terbaik adalah dengan menghaluskannya secara manual saja. Pasalnya, cara ini sangat bagus sekali untuk menjaga kandungan nutrisinya agar tidak rusak dan juga menjaga teksturnya agar tetap sempurna.

Itulah beberapa tips mengolah resep MPASI yang baik dan benar agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Selain itu, jangan lupa juga untuk terus memperhatikan asupan susu anak, salah satunya dari susu Dancow.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *