Dalam tahap perkembangan anak ada banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti berat badan ideal anak,  yang mana merupakan indikator penting bagi gizi si kecil. Untuk memantau pertumbuhan anak, mengetahui berat badan anak penting dilakukan. Hal ini penting untuk mendukung si kecil memiliki pertumbuhannya yang ideal.

Memiliki berat ideal tidak terlepas dari asupan makanan yang diperoleh anak. Sebagai orang tua, sudah menjadi suatu keharusan untuk memberikan si kecil asupan makanan bergizi seimbang. Hal ini sangatlah penting untuk membantu pertumbuhan berat badan si kecil agar ideal sesuai dengan tahapan usianya. Tidak jarang, orang tua merasa khawatir ketika grafik berat badan si kecil belum mencapai angka ideal. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan berat badan si kecil agar mencapai berat ideal, yaitu:

Memberikan asupan makanan tinggi kalori

Untuk meningkatkan berat badan anak, bunda bisa memilih makanan yang memiliki kalori tinggi. Dengan memberikan si kecil asupan makan tinggi kalori, dapat membantu menaikkan berat badannya. Memberikan lemak tambahan seperti keju parut juga dapat meningkatkan berat badan si kecil untuk mencapai berat ideal.

Fokus pada kualitas makanan

Ketika anak sudah mulai menginjak usia balita, maka kualitas makanannya harus lebih diperhatikan. Bunda perlu untuk memberikan asupan makanan berkualitas dengan gizi seimbang untuk mendukung berat badan yang ideal. Perhatikan setiap kandungan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi anak. Sebaiknya berikan asupan makanan bernutrisi secara lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Memberikan tambahan vitamin

Beberapa asupan vitamin tambahan dapat mendukung pencapaian berat badan ideal. Selain itu, vitamin juga penting bagi kesehatan anak. seperti kandungan vitamin A, C, D, dan zat besi yang cukup penting diserap oleh tubuh. Dimana kandungan vitamin tersebut mampu meningkatkan nafsu makan si kecil.

berat badan anak

berat badan anak

Sajikan makanan dalam jumlah yang tepat

Memberikan makanan dalam jumlah yang tepat penting dalam menjaga berat badan ideal anak. Pada anak yang berusia 3 tahun, bunda bisa menyajikan makanan sebanyak 3 sendok makan orang dewasa untuk setiap kali makan. Berikan jumlah yang tepat agar anak memiliki berat badan ideal sesuai dengan tahapan usianya.

Biarkan anak makan sendiri

Anak usia 1 tahun umumnya sudah mulai mencoba untuk makan sendiri. Pada anak balita yakni usia 1-5 tahun, bunda bisa mengajak si kecil untuk menyiapkan sendok, menuangkan makanan ke mangkuk, dan menyuap makanan sendiri. Selain itu, bunda perlu menghindari memaksa si kecil makan. Karena hal tersebut justru hanya membuatnya trauma sehingga anak menjadi mogok makan.

Selain cara yang telah disebutkan diatas, bunda perlu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan susu. Kandungan nutrisi lengkap dalam susu pertumbuhan bantu si kecil mencapai berat badan anak yang ideal dan sehat. Dukung terus tumbuh kembang si kecil dengan susu DANCOW yang memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *