Mengadopsi anjing adalah tanggung jawab yang besar. Cukup banyak pemula yang sebelumnya tidak pernah merawat anjing menjadi was-was. Apakah mampu merawat anjing dengan baik? Anda bisa membaca ulasan mengenai cara merawat anjing bagi pemula berikut ini.

Sama seperti manusia, anjing mempunyai kebutuhan dasar semisal tempat berlindung, makan, dan air. Tapi, agar bisa menjalani hidup yang nyaman, anjing memerlukan olahraga, perawatan fisik, serta pengasuhan yang bagus dari pemilik. Dibawah ini adalah caranya merawat anjing untuk pemula.

Cara Merawat Anjing Khusus Pemula

Penting sekali untuk selalu memperhatikan kesehatan anjing kesayangan. Anda bisa membaca ulasan berikut sampai habis agar lebih tahu tentang perawatan anjing.

cara merawat anjing

cara merawat anjing

  Perawatan Kaki

Terdapat banyak kuman dan kotoran yang menempel pada kaki anjing. Maka dari itu, upayakan selalu menjaga dan merawat kebersihannya. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah mencucinya memakai sabun yang diformulasikan khusus bagi hewan peliharaan. Kalau melihat gejala iritasi kaki, maka segera konsultasikan dengan dokter hewan.

  Perawatan Mulut

Memelihara kesehatan mulut anjing kesayangan memang penting. Anda perlu membeli mainan kunyah, menyikat giginya, atau menjadwalkan pembersihan gigi bersama dokter hewan. Kemudian, periksalah secara rutin apakah lidah dan gusinya berwarna sehat. Jika anda menemukan adanya keanehan seperti gusi dan gigi berwarna putih, maka segera bawa ke klinik hewan.

  Perawatan Sendi

Perawatan yang satu ini memang dibutuhkan, khususnya untuk anjing yang sangat aktif berlari. Konsultasikan dengan dokter mengenai apakah harus diberi suplemen gizi untuk tulang dan sendi anjing.

  Rutin Berkunjung ke Dokter Hewan

Kunjungan secara rutin ke dokter atau klinik hewan untuk pembersihan gigi, kondisi kesehatan, pencegahan kutu dan jamur, atau pemberian vaksinasi merupakan hal yang terpenting. Selain itu juga, rutin ke dokter hewan juga akan menambah ilmu pengetahuan anda tentang cara pencegahan jika anjing peliharaan terkena diare, muntah, atau penurunan nafsu makan.

Kini anda sudah mengetahui tentang bagaimana cara merawat anjing khusus untuk pemula. Jangan lupa selalu memberi makanan basah untuk anjing, makanan basah mudah dicerna dan mengandung berbagai nutrisi penting. Nah, anda bisa menemukan semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan anjing di Royal Canin.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *