Pertengahan bulan merupakan momen yang penting karena mengingat banyaknya tagihan bulanan yang perlu dibayarkan pada hari itu. Tagihan itu diantaranya yaitu bayar tagihan listrik, air, dan BPJS, internet, dan masih banyak lagi. 

Berbicara mengenai tagihan listrik, tentu saja banyak yang bertanya-tanya apa penyebab tagihan listrik membengkak. Jika dibiarkan, hal ini akan membuat pengeluaran bulanan Anda habis sia-sia. Nah, maka dari itu, yuk ketahui penyebab tagihan listrik yang membengkak.

Penyebab tagihan listrik membengkak

bayar tagihan listrik

bayar tagihan listrik

Lupa mencabut colokan yang tidak perlu

Meskipun terdengar sepele, tahukah Anda bahwasannya kebiasaan lupa mencabut colokan listrik merupakan salah satu penyebab utama dari membengkaknya tagihan. Apalagi jika hal ini dilakukan setiap hari. hal ini disebabkan karena arus listrik akan tetap berjalan saat kabel colokan masih menempel pada stop kontak. Sekalipun perangkat elektronik ini tidak digunakan. 

Lupa mencabut colokan listrik ini sering kali terjadi saat sedang melakukan isi daya pada handphone. Pada televisi juga begitu, sebaiknya cabut kabel dari colokan jika tidak digunakan. 

Menyalakan lampu di siang hari

Salah satu hal sepele namun penyebab tagihan listrik membengkak yaitu sering menyalakan lampu di siang hari. Banyak sekali orang yang masih menghidupkan lampu di siang hari. hal ini merupakan perbuatan yang sia-sia. Pasalnya, saat siang hari, sebaiknya Anda memanfaatkan cahaya terang dari matahari. 

Mematikan lampu setelah digunakan juga berlaku saat di kamar mandi. Sebaiknya, setelah menggunakan kamar mandi, Anda mematikan lampu. Baik di siang atau malam hari. selain mematikan kran air, mematikan lampu juga perlu diperhatikan. 

Solusi lainnya yaitu Anda bisa memanfaatkan penggunaan lampu LED. Penggunaan lampu ini merupakan cara agar hemat energy, loh. meskipun harga lampunya mahal, namun membeli lampu ini merupakan tindakan yang bisa dibilang worth it kok. 

Penggunaan AC secara berlebihan

AC menjadi salah satu peralatan elektronik yang wajib dimiliki oleh masyarakat di negara tropis. Dengan memiliki AC, udara di rumah akan menjadi sejuk. Namun, terlepas dari fungsinya, AC juga merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki konsumsi listrik yang sangat besar. 

Jika penggunaan AC tidak dilakukan dengan bijak, AC memberikan kontribusi paling banyak dalam bayar tagihan listrik yang membengkak. Maka dari itu, nyalakanlah AC jika dibutuhkan saja. Jika dirasa sulit untuk mengurangi penggunaan AC, sebaiknya Anda memilih AC yang hemat energy. Seringkali AC hemat energy ini dilengkapi dengan peraturan suhu otomatis, yang mana AC akan mati sendirinya dan dapat menurunkan suhu jika sedang tidak digunakan. 

Tidak memilih mesin cuci yang hemat energi

Pastikan Anda tidak memilih mesin cuci yang yang tidak hemat energi. Banyak hal yang diperhatikan agar penggunaan mesin cuci dapat lebih maksimal. Misalnya yaitu kapasitas mesin cuci. Hindari memilih mesin cuci dengan kapasitas yang melebihi kebutuhan Anda. 

Semakin besar kapasitas mesin cuci, semakin besar pula tagihan listrik yang Anda tanggung. Untuk itu, agar pembayaran itu tidak membengkak dengan sia-sia, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas yang tidak terlalu besar dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Sering membuka tutup kulkas

Meski terdengar sepele, kegiatan ini juga bisa menyedot listrik dengan jumlah yang cukup besar, loh. setiap kali Anda membuka tutup kulkas, mesin akan bekerja otomatis untuk menyesuaikan suhu di dalamnya. Jadi, kulkas akan bekerja lebih ekstra. 

Nah, itulah beberapa penyebab bayar tagihan listrik membengkak. Semoga membantu.  Untuk kemudahan dalam membayar tagihan listrik mu, gunakan simobiplus dari bank Sinarmas. Mudah dan praktis, Anda bisa membayar kapan saja dan dimanapun Anda berada.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *