Siapa bilang seorang lulusan kuliah desain susah mencari kerja? Faktanya, saat ini orang yang punya keahlian desain grafis banyak dibutuhkan. Keahlian tersebut sangat membantu bagi perusahaan-perusahaan, baik itu UMKM maupun perusahaan berkelas dan bertaraf tinggi.

Kehadiran seorang lulusan kuliah desain diperlukan untuk membantu mendongkrak penjualan. Karena fungsinya yaitu untuk mengoptimalkan promosi dan juga branding.

Peluang Kerja Lulusan Kuliah Desain

Menilai dari kelebihan lulusan desain grafis yang kami jelaskan di atas, maka tentu saja peluang kerjanya pun cukup besar. Berikut telah kami rangkum daftar peluang kerja yang potensial dan menguntungkan untuk seorang lulusan desain grafis.

  1. Bekerja Intern di Suatu Perusahaan

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seseorang yang ahli di bidang desain grafis. Tujuannya yaitu untuk membantu membuat desain promosi seperti banner, feed Instagram, dan masih banyak lainnya.

Contohnya seperti membuat feed Instagram jika perusahaan tersebut mengeluarkan produk terbaru. Atau bisa juga berupa pemberitahuan bahwa perusahaan sedang menawarkan penawaran promo menarik.

Semua tugas tersebut hanya bisa dibuat oleh orang yang ahli di bidang desain grafis. Dengan begitu, promosi yang dilakukan akan lebih menarik.

kuliah desain

kuliah desain

  1. Jasa Pembuatan Logo

Saat ini ada ribuan UMKM dan perusahaan besar yang baru muncul. Bahkan ada banyak brand yang punya beragam varian produk baru yang mereka coba pasarkan. Perlu Anda ketahui, setiap perusahaan, brand, hingga produk yang mereka tawarkan pasti memerlukan sebuah logo.

Logo sangat penting sekali. Logo juga tidak hanya sekedar hal yang membedakan antara brand satu dengan yang lain. Logo juga mengandung simbol yang mendalam terkait brand yang mereka tonjolkan.

Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa jasa pembuatan logo saat ini begitu laris dicari oleh para pebisnis baik yang berskala kecil maupun besar.

  1. Social Media Marketing Designer

Fungsi media sosial saat ini tidak hanya untuk berkomunikasi dan juga berteman saja. Dewasa ini, media sosial juga sering digunakan untuk media pemasaran maupun promosi. Anda tentu sudah menyadari hal ini dengan banyaknya brand atau perusahaan yang saat ini melebarkan jaringan pasarnya melalui media sosial.

Sedangkan tugas seorang desainer grafis yaitu untuk menarik perhatian audiens agar bisa terkonversi menjadi customer. Caranya adalah dengan membuat desain untuk kebutuhan feed media sosial maupun story, baik itu untuk Facebook maupun Instagram.

Bidang ini kini banyak dilirik. Terlebih saat ini hampir sebagian besar perusahaan sudah mengembangkan bisnisnya melalui media sosial.

  1. Bekerja di Sebuah Agency

Anda juga bisa bekerjasama dengan bekerja di sebuah perusahaan agency di bidang terkait. Di perusahaan tersebut Anda tidak akan kesulitan mencari klien karena kebanyakan klien akan menghubungi agensi tersebut.

Klien yang menghubungi agensi tempat Anda bekerja, kemudian oleh agensi job akan disalurkan ke tangan Anda.

  1. Membuka Layanan Sendiri

Seorang lulusan desain grafis juga bisa menjadi seorang entrepreneur sejati. Caranya adalah dengan membuka layanan sendiri. Ada banyak layanan yang bisa Anda tawarkan mulai dari pembuatan logo, banner, feed Instagram, dan lainnya.

Layanan ini bisa Anda tawarkan melalui website maupun media sosial sesuai dengan keinginan Anda. Pemasaran melalui sistem online bisa membantu Anda untuk melakukan pemasaran.

Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang desain grafis? Bagi Anda yang tertarik, kini Anda bisa kuliah desain di IDS (International Design School) yang merupakan salah satu institusi pendidikan ternama. Di sini Anda bisa belajar pada tenaga pengajar yang ahli dan berpengalaman.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *