Di berbagai jejaring sosial, kami dibanjiri pertanyaan tentang makanan pendamping. Ibu dan pengasuh selalu cemas tentang setiap tonggak baru yang akan dicapai bayi mereka. Pemberian makanan pendamping ASI, umumnya dikenal sebagai penyapihan adalah salah satu tonggak penting, di mana bayi berpindah dari ASI ke makanan padat seperti Nestle Cerelac. Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat transisi ini semulus mungkin untuk bayi:

  1. Waktu yang paling tepat untuk mengenalkan makanan pada bayi adalah saat menginjak usia enam bulan jika bayi disusui secara eksklusif dan memiliki tumbuh kembang dengan baik. Namun, jika bayi lebih banyak mengonsumsi susu formula atau tidak tumbuh dengan baik saat disusui, dianjurkan untuk memulainya kapan saja antara usia 4 hingga 6 bulan.
  2. Pastikan bahwa anak dapat duduk dalam posisi tegak, dengan atau tanpa dukungan sebelum Anda mulai dengan pemberian makanan tambahan seperti Nestle Cerelac.
  3. Idealnya, bayi harus mengkonsumsi kombinasi sereal dan protein. Beberapa pilihan penyapihan yang baik adalah nasi, sayur, telur, daging dan roti atau sereal.
  4. Konsistensi makanan yang ditawarkan harus bervariasi. Mulai dari yang dihaluskan, dicincang halus, hingga gigitan kasar dan lebih besar selama pemberian makanan pendamping. Tekstur makanan tidak boleh terlalu kental atau terlalu cair.
  5. Setiap makanan baru harus ditawarkan selama 4-5 hari terus menerus bagi anak untuk mengembangkan rasa. Seorang anak dapat mengambil hingga 10-15 kali makan untuk menerima makanan tertentu. Tujuannya adalah untuk memulai dengan 2-3 sdt dan secara bertahap meningkatkan hingga 8-10 sdt pada akhir satu minggu.
  6. Idealnya, jeda waktu 4 jam harus dijaga agar bayi dapat dengan mudah menikmati makanan yang ditawarkan.
  7. Air dapat diperkenalkan bersama dengan makanan. 4-5 sdt air dapat diberikan setelah setiap makanan padat.

 

 

Tujuan utama dari MP-ASI seperti Nestle Cerelac bukan untuk menyapih bayi dari ASI. Tetapi untuk memperkenalkan makanan pendamping bersamaan untuk menjaga kecukupan gizi bayi yang sedang tumbuh yang tidak dapat ditandingi oleh ASI saja hingga setelah 6 bulan. Cobalah untuk bersabar semampu Anda karena ini adalah dunia yang sama sekali baru untuk si kecil Anda. Dan mereka berusaha untuk beradaptasi secepat dan sebanyak mungkin.

 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *