Tidak ada yang terlihat lebih damai daripada anak yang sedang tidur. Tetapi bahkan ketika mereka meringkuk dan berbaring di tempat tidur, otak mereka bekerja keras pada aktivitas perkembangan seperti konsolidasi memori (proses mengatur pengalaman, mempelajari apa yang penting dan melupakan apa yang tidak). Jadi, tidur itu penting, terutama untuk anak-anak. Sayangnya, hanya mengetahui anak-anak Anda membutuhkan tidur malam yang baik tidak berarti mereka akan mendapatkannya. Para ahli menawarkan saran yang bermanfaat ini untuk mengatasi anak susah tidur:

  1. Buat Rencana

Tulislah ritual sebelum tidur. Jika Anda memiliki bayi, mungkin sesederhana menyanyikan lagu dan menyalakan mesin white-noise. Jika Anda memiliki balita atau anak yang lebih besar, mintalah masukan mereka dalam menyusun rencana. Biarkan mereka memutuskan berapa banyak buku yang akan Anda baca bersama dan kapan pelukan akan dilakukan (ini membantu mereka mengidentifikasi kebutuhan mereka sendiri dan memberi mereka rasa kendali).

Selanjutnya, buat daftar langkah-langkahnya secara berurutan. Kenakan baju tidur, sikat gigi, baca buku, berpelukan, matikan lampu. Jadi mereka akan tahu persis apa yang harus dilakukan. Untuk anak-anak yang tidak bisa membaca, gunakan bagan dengan gambar. Tinjau rencana bersama-sama sebelum Anda mulai. Ketika sebuah rencana dikomunikasikan dan dilatih, anak-anak lebih mungkin untuk menginternalisasikannya dan cenderung tidak menanyakan hal-hal yang tidak ada dalam petunjuk yang ada.

anak susah tidur

anak susah tidur

  1. Waktu Bersama

Beberapa anak menjadi gelisah hingga membuat anak susah tidur pada waktu tidur karena mereka merindukan lebih banyak perhatian dari pengasuh mereka. Ketika orang tua bekerja penuh waktu di siang hari, malam hari adalah saat anak-anak mendapatkan perhatian orang tua mereka. Di sisi lain, ketika pengasuh berada di rumah sepanjang waktu, anak-anak menjadi bergantung pada kehadiran pengasuh untuk kenyamanan. 

Selain itu, menghabiskan beberapa menit mengajukan pertanyaan kepada anak-anak tentang hari mereka (berfokus pada hal positif) atau memberi tahu mereka hal-hal yang Anda perhatikan tentang mereka bisa menjadi ritual yang menyenangkan. Untuk bayi, luangkan 5 atau 10 menit untuk berpelukan dan melakukan kontak mata, bernyanyi atau mengucapkan kata-kata yang menenangkan.

  1. Disiplin Pada Rutinitas

Berpegang teguh pada waktu tidur yang ditentukan membantu anak-anak merasa aman karena menawarkan prediktabilitas. Anak-anak dari segala usia (dan orang dewasa juga) idealnya harus tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, memberi atau mengambil waktu 30 hingga 60 menit. Ya, itu termasuk akhir pekan juga. Ini mungkin berarti mencegah remaja untuk tidur di Sabtu pagi karena dapat mengganggu ritme sirkadian mereka dan membuat bangun di hari sekolah menjadi jauh lebih sulit. 

Untuk anak-anak yang lebih muda, waktu tidur lebih awal (sebelum pukul 21:00) berarti mereka mendapatkan lebih banyak tidur dan istirahat yang lebih baik di pagi hari. Anak-anak yang lebih kecil membutuhkan antara 10 hingga 12 jam tidur setiap malam, jadi jika anak-anak Anda memiliki waktu bangun pagi untuk penitipan anak atau sekolah, pastikan waktu tidur mereka cukup awal untuk memastikan mereka mendapatkan istirahat malam yang penuh.

  1. Matikan

Layar elektronik adalah ide yang buruk sebelum tidur karena cahayanya merangsang otak. Hal ini dapat membuat anak-anak merasa tegang ketika mereka harus beristirahat, dan juga dapat menghambat produksi melatonin dan serotonin, hormon waktu mengantuk. Idealnya, anak-anak harus mematikan layar setidaknya satu hingga dua jam sebelum tidur untuk menghindarkan anak susah tidur. Membatasi waktu untuk menatap layar juga dapat membantu dengan cara lain. Anak-anak yang berada di luar layar akan lebih aktif, membakar energi fisik alami mereka, yang membuatnya lebih mudah untuk tenang sebelum tidur. Apa yang terjadi pada siang hari mempengaruhi malam hari.

Sampai usia empat tahun, orang tua benar-benar harus mengajari anak-anak untuk tidur tepat waktu. Ini berarti membawa mereka kembali ke tempat tidur ketika mereka bangun pada waktu yang salah dan membantu menenangkan kecemasan mereka setelah mimpi buruk. Ini hanya sebuah fase, dan Anda semua akan segera melewatinya.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *