Secara umum perkembangan bahasa bagi anak usia dini terdapat 2 proses utama. Dua proses tersebut yaitu pralinguistik dan linguistik. Pada proses linguistik dimulai dari sejak lahir, yaitu dimana anak menangis, tertawa dan menjerit.

Ketika anak menangis, tertawa dan menjerit merupakan bentuk bahasa yang dikeluarkan oleh anak. Sedangkan pada proses linguistik anak mulai mengenal kata dan menyusunnya menjadi kalimat layaknya orang dewasa. Berikut ini 5 proses perkembangan bahasa anak berdasarkan urutan usia!

0-12 Bulan

Pada usia ini anak mulai merespon suara yang didengarnya dan mulai menunjukkan ketertarikan sosial. Anak mulai mengulang kata yang didengarnya dan memahami perintah verbal serta menunjuk arah yang diinginkannya. 

1-2 Tahun

Anak mulai bisa memproduksi kata-kata tunggal dan memahaminya. Si kecil juga mulai menunjuk nama anggota tubuhnya sesuai instruksi orang disekitarnya. Pada usia 1-2 tahun perkembangan bahasa anak meningkat dengan mengoleksi banyak kosa kata di kepalanya dan mulai melafalkannya.

perkembangan bahasa anak

perkembangan bahasa anak

2-3 Tahun

Si Kecil mulai paham percakapan yang sering didengarnya. Sehingga si Kecil sudah mampu untuk diajak tanya jawab. Si Kecil juga sudah bisa melafalkan 2 kata secara bersamaan meskipun kurang jelas.

3-4 Tahun

Si Kecil mulai bisa merangkai 4-5 kalimat dan sudah paham konsep bentuk, warna, rasa dan sebagainya. Sehingga wajar jika si Kecil senang berkomunikasi.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan Kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *