Berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan hingga ke bangku perkuliahan merupakan sebuah privilege tersendiri. Mengingat tidak semua orang memiliki kesempatan tersebut sehingga Anda harus memaksimalkannya. Apabila Anda memiliki ketertarikan dalam menggambar maka Anda dapat memilih sekolah animasi. Mahasiswa jurusan animasi akan lebih banyak praktek membuat karya. Agar selama perkuliahan Anda tidak keteteran dalam menyerap materi dan mengerjakan tugas maka ada baik mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan. 

Persiapan Yang Wajib Diketahui Kuliah Animasi

Jika Anda sudah mantap untuk memilih kuliah animasi maka persiapkan diri Anda dari jauh- jauh hari. Dengan memahami persiapan apa saja yang diperlukan dapat membantu proses kelancaran belajar Anda. Berikut merupakan persiapan yang wajib Anda ketahui.

Kreatif

Kreativitas merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa animasi. Jika saat ini kreativitas Anda masih terbatas maka hal tersebut dapat dikembangkan. Anda bisa mencari banyak referensi dari buku atau bahkan melihat film-film animasi terbaik. Dengan terus mengeksplor hal baru maka ide-ide Anda pun akan terus bermunculan.

sekolah animasi

sekolah animasi

Dapat Menyampaikan Pesan

Animasi tidak hanya memerlukan kemampuan menggambar saja. Anda juga dituntut untuk dapat menyampaikan pesan atau gagasan Anda dalam bentuk visual. Agar pesan yang Anda buat melalui gambar tersebut bisa sampai kepada penonton maka gambar harus dibuat dengan detail dan sabar. Selain itu, Anda juga perlu mendapatkan masukan atau kritik dari orang lain agar dapat menghasilkan karya yang lebih baik.

Detail

Produksi film animasi memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi. Hal ini memerlukan ketelitian dan detail yang sangat tinggi. Proses pembuatan animasi juga memerlukan kesabaran itulah mengapa setiap karya animasi memakan waktu yang cukup panjang. 

Mengenal Software Animasi

Dukungan kecanggihan teknologi semakin memudahkan para mahasiswa dalam membuat desain animasi. Anda dapat menggunakan software khusus sehingga tidak perlu membuatnya secara manual. Beberapa software animasi yang wajib Anda kuasai diantaranya adalah Maya, Poser (Figure Animation), 3D Studio Max, Sqirlz Morph, Anime Studio, Bryce (landscape animation), Auto Cad dan masih banyak lagi.

Perangkat Mendukung

Komputer atau laptop merupakan perangkat yang wajib Anda miliki jika memilih kuliah animasi. Perangkat ini yang akan selalu Anda gunakan dalam membuat karya atau mengerjakan tugas. Mengingat kuliah animasi akan menggunakan beberapa software yang lumayan berat maka pastikan pula Anda memiliki perangkat yang dapat mendukung software tersebut.

Jika saat ini Anda masih belum memilikinya maka Anda dapat menabung terlebih dahulu. Dengan memiliki perangkat yang kompatibel maka Anda akan lebih mudah dalam mengerjakan tugas-tugas Anda.

Memiliki Referensi

Agar Anda lebih semangat dalam membuat karya sebaiknya Anda menari referensi animator favorit Anda. Referensi tersebut bisa mulai dari animator lokal hingga luar negeri sekalipun. Semakin banyak referensi yang Anda miliki maka akan semakin mudah pula Anda mendapatkan ide.

IDS Digital College

Bagi Anda yang ingin berprofesi animator, illustrator atau yang berhubungan dengan teknologi dapat bergabung bersama dengan IDS Digital College. Bersama dengan pengajar yang kompeten dan berpengalaman akan dapat mengembangkan bakat dan kemampuan yang Anda miliki. Hampir semua jurusan yang ditawarkan adalah jurusan dengan prospek kerja yang cukup tinggi.

Anda juga tidak akan gentar bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya karena Anda akan dibekali dengan pendekatan real world project. Pendekatan tersebut lebih menekankan agar para mahasiswa mampu dan terbiasa menciptakan karya-karya terbaik dan bermanfaat.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *