Jika Si Kecil memiliki sistem pencernaan yang lancar dan teratur, berarti ia mendapat asupan nutrisi yang cukup. Ketika Si Kecil tidak buang air besar, tentu saja Moms merasa khawatir. Jangan-jangan Si Kecil mengalami sembelit atau konstipasi. Banyak hal yang menjadi penyebab anak sembelit

Sebagian besar penyebab Si Kecil sembelit berkaitan dengan pola makannya. Namun, Moms tidak perlu khawatir, karena berikut merupakan beberapa tips yang dapat Moms coba di rumah ketika Si Kecil sembelit.

Tips Atasi Sembelit

  • Memberi minum air

Selain ASI, Moms boleh memberi air putih sebagai tambahan cairan untuk Si Kecil. Namun, dengan catatan usia Si Kecil telah mencapai 6 bulan. Selain itu, berikan secukupnya saja untuk mengatasi sembelit.

  • Memberi jus buah

Jika setelah diberi air putih gejala sembelit masih belum sembuh, coba berikan jus buah. Jus buah dapat berupa jus apel, pir, atau plum. Namun harus tetap diberikan dalam porsi kecil. Selain itu, tanpa bahan tambahan seperti pemanis buatan, dan sebagainya.

  • Berikan MPASI yang tinggi serat secukupnya

Seperti yang Moms tahu, makanan berserat dapat dengan efektif membantu mengatasi sembelit. Namun, kebutuhan serat anak, khususnya pada usia bayi, berbeda dengan orang dewasa. 

Maka dari itu, berikan asupan serat sesuai kebutuhannya. Pada usia 1-2 tahun, kebutuhan serat sekitar 14 g atau 1000 kkal per hari.

Tips Atasi Bayi yang Sembelit

Tambahkan serat dari sayuran dan buah setiap hari. Namun, hindari asupan serat berlebih ya, Moms karena justru akan memperparah sembelit. 

  • Batasi pemberian susu sapi

Batasi agar konsumsi susu sapi agar tidak lebih dari 500 ml per hari.

  • Mengganti produk susu

Gantilah atau hentikan pemberian produk susu yang dikonsumsi Si Kecil apabila mengalami sembelit. Lihatlah reaksinya, apakah terdapat perubahan terhadap sistem BAB-nya.

  • Konsumsi probiotik

Jika Moms masih khawatir dengan Si Kecil yang sembelit, berilah asupan cairan dan makanan berserat secukupnya. Selain itu, Moms juga dapat memberikan suplemen probiotik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Si Kecil.

Nah Moms, itulah beberapa tips mengatasi Si Kecil yang sembelit. Apabila gejala masih berlanjut, konsultasikan dengan dokter ya, Moms. 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *