BPJS Kesehatan adalah layanan jaminan kesehatan yang dihadirkan pemerintah untuk masyarakat. Dengan adanya BPJS ini, Anda bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis di fasilitas kesehatan yang bergabung dengan BPJS. Anda harus selalu tepat waktu melakukan pembayaran BPJS jika ingin mendapatkan fasilitasnya. Apabila telat, kepesertaan BPJS akan non-aktif sehingga Anda tidak bisa menggunakannya untuk berobat di fasilitas kesehatan. Anda tidak ingin bukan mengalami hal tersebut?

Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda selalu membayar tagihan BPJS tepat waktu setiap bulannya. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar selalu ingat membayar BPJS. Langsung saja, berikut ini tipsnya:

Sisihkan Uang Setelah Gajian

  1. Jadikan tagihan bulanan Anda sebagai prioritas sebelum kebutuhan lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan kehabisan uang saat tanggal pembayaran datang. Cara menjadikan tagihan BPJS sebagai prioritas yaitu dengan menyisihkan uang khusus setelah gajian. Jangan ambil uang tersebut untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya, apalagi kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting.
pembayaran BPJS

pembayaran BPJS

Tentukan Tanggal untuk Membayar Tagihan

Sebaiknya Anda menentukan kapan tanggal pembayaran BPJS dilakukan. Akan lebih baik jika tanggal pembayarannya lebih awal dibandingkan tanggal jatuh tempo. Jika Anda menjadwalkan pembayaran lebih awal, maka ada kesempatan untuk mendapatkan uang. Apalagi tagihan BPJS sebenarnya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kebutuhan bulanan.

Gunakan Aplikasi Pengingat

Tidak sedikit orang yang telat bayar BPJS karena alasan lupa. Karena banyaknya tagihan yang harus dibayarkan, terkadang Anda bisa lupa membayar tagihan BPJS. Kemajuan teknologi saat ini bisa membantu Anda untuk membayar tagihan BPJS tepat waktu. Pasalnya ada aplikasi pengingat yang bisa mengingatkan Anda untuk membayar tagihan. Setting aplikasi tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Manfaatkan Notifikasi dari Email

Tips terakhir yaitu memanfaatkan notifikasi dari email. BPJS biasanya akan mengirimkan pemberitahuan pembayaran tagihan melalui email. Jika Anda sering membuka email, maka hal ini bisa membantu Anda untuk mengingatnya. Langsung bayar tagihan ketika notifikasi pengingat sudah dikirim ke email Anda.

Bayar BPJS Melalui Bank Sinarmas

Kemudahan pembayaran membuat Anda bisa selalu tepat waktu membayar tagihan. Bank Sinarmas menawarkan layanan pembayaran BPJS melalui beberapa channel. Berikut ini channel pembayaran yang bisa Anda pilih:

  • Mobile banking

Mobile banking yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran adalah SimobiPlus. Banyak kelebihan apabila bayar melalui mobile banking seperti proses cepat, hemat tenaga dan waktu, serta lebih praktis.

Cara membayar tagihan melalui SimobiPlus yaitu masuk ke aplikasi. Selanjutnya pilih menu Pembayaran/Pembelian > Layanan Umum. Pada layanan umum Anda akan diminta memasukkan field berupa IDPEL dan Jumlah Bulan. IDPEL adalah 88888 (kode) + nomor peserta BPJS.

  • ATM

Cara kedua melalui mesin ATM yang sudah tersebar di banyak lokasi. Setelah selesai memasukkan PIN, pilihlah menu Pembayaran/Pembelian > kategori Layanan Umum. Masukkan jumlah bulan + kode + nomor peserta BPJS.

  • Teller

Anda bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat untuk membayar BPJS. Cara ini cocok jika Anda memiliki urusan lain di kantor cabang. Pasalnya jika membayar di teller Anda harus rela mengantri terlebih dahulu. 

Itulah tips yang bisa Anda ikuti agar pembayaran BPJS selalu tepat waktu. Adanya Bank Sinarmas memang sangat membantu Anda yang sering lupa membayar tagihan bulanan. Apalagi biaya adminnya juga sangat terjangkau.

Setiap transaksi pembayaran tagihan BPJS melalui channel yang disediakan, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 saja. Selain BPJS, Bank Sinarmas juga menerima pembayaran tagihan lain seperti listrik, internet, air, dan lain-lain.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *