Di era modern seperti sekarang ini, lulusan program studi teknik informatika memiliki banyak prospek kerja yang menanti. Kemajuan teknologi membuat skill dan pengetahuan yang mereka miliki sangat dibutuhkan oleh berbagai industri. Sehingga prospek kerja teknik informatika sangatlah luas.

Ada beberapa prospek kerja para lulusan teknik informatika yang sangat populer dan juga memiliki gaji yang cukup besar diantaranya:

prospek kerja teknik informatika

prospek kerja teknik informatika

  • Software Engineer

Prospek kerja favorit lulusan teknik informatika tentu saja sebagai software Engineer. Karena pekerjaan Software Engineer merupakan salah satu pekerjaan yang diprediksi akan mengalami perkembangan hingga 17% selama 10 tahun kedepan.

Pekerjaan ini mengaplikasikan pengelolaan dan optimalisasi software seperti analis teknik informatika dan matematika dalam desain, development, maintenance, hingga testing software komputer atau device lain. Jenis- jenis software yang dibuat oleh seorang Software Engineer bermacam- macam, seperti sistem operasi dan network distribution. Serta software untuk compiler yang mengkonversi program untuk eksekusi pada komputer.

  • IT Consultant 

IT Consultant adalah salah satu peluang karir bagi lulusan teknik informatika yang bertugas untuk menerapkan strategi teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di sebuah perusahaan.Secara spesifikasi, IT Consultant merupakan spesialis yang berfokus dalam proses integrasi teknologi informasi dalam bisnis.

Prospek kerja dari fakultas teknik informatika ini berkaitan dengan pemahaman teori dari teknologi, kemudian pemrograman yang dilakukan dengan basis komputer. Meskipun terkesan menarik, pekerjaan ini cukup menantang. Seorang IT Consultant harus memiliki kemampuan analisa yang kuat untuk memahami masalah klien dan membuat solusi yang efektif.

  • Web Developer

Web Developer merupakan prospek kerja yang dapat dinantikan oleh mahasiswa informatika. Web Developer adalah para pakar yang memiliki spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi world wide web, atau aplikasi yang dibangun pada HTTP dari sebuah web server. Mahasiswa lulusan teknik informatika dapat bekerja sebagai Web Developer secara penuh waktu atau paruh waktu dalam beberapa jenis organisasi, termasuk korporasi dan pemerintah atau sebagai freelancer.

  • Game Developer

Untuk lulusan teknik informatika yang gemar bermain game, karier sebagai Game Developer dapat menjadi pilihan yang baik. Game Developer sendiri secara keseluruhan bekerja untuk mendesain dan membuat video game untuk komputer dan berbagai konsol, mulai dari konsep hingga eksekusi.

Adapun tugas- tugas yang dikerjakan oleh Game Developer meliputi pembuatan storyline dan biografi karakter, melaksanakan design review, mendesain roe- play mechanics, membuat prototype yang dibuat untuk staf dan manajemen perusahaan, serta mendokumentasikan proses desain sebuah video game

Pekerjaan yang satu ini umumnya dilakukan oleh mereka yang mahir pada bidang grafis, pasalnya hal ini dilakukan dengan cara proyek dan cukup berat, karena terdiri dari bagian animasi grafis, programming dan lainnya

  • Data Scientist

Prospek kerja yang cukup populer saat ini di kalangan lulusan teknik informatika adalah sebagai seorang Data Scientist. Mereka bertugas untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang berharga menggunakan algoritma dan machine learning.

Data- data tersebut nantinya akan digunakan pihak manajemen untuk keperluan perencanaan strategi bisnis dan evaluasi ulang produk. Dikarenakan tingkat demand-nya yang tinggi. Data Scientist dibutuhkan dalam berbagai sektor industri, seperti keuangan, pendidikan, riset ilmiah, ritel, teknologi informasi dan e-commerce.

  • System Analyst

Prospek kerja berikutnya yang populer adalah sebagai seorang System Analyst. System Analyst sendiri merupakan seseorang yang menggunakan sistem khusus untuk mendesain solusi dalam arsitektur teknologi informasi.

Mereka diwajibkan untuk memodifikasi dan mengoptimalkan sistem yang ada sambil mengintegrasi fitur- fitur agar lebih efisien dan produktif.

Itulah 6 prospek kerja teknik informatika yang sangat populer, masih banyak lagi prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan teknik informatika diantaranya Mobile Programmer. Tenaga Pendidik di bidang IT, Software tester, dan masih banyak lagi prospek kerja lainnya. Untuk mendapatkan prospek kerja yang sangat bagus maka harus didukung dengan skil atau kemampuan yang dimiliki oleh karena itu Kuliah di IDS Digital Collage adalah pilihan yang tepat. 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *