Si Kecil yang terlalu kurus atau memiliki berat badan di bawah ideal memang bisa membuat Anda merasa khawatir. Meskipun dokter sudah mengatakan bahwa si Kecil sehat, Anda mungkin tetap akan merasa khawatir. Apalagi kekurangan berat badan atau anak yang terlalu kurus lebih berisiko untuk stunting.

Jika memang Anda ingin membantu si Kecil mendapatkan berat badan yang ideal, maka hal yang harus Anda lakukan adalah menambah berat badan anak. Berikut ini beberapa cara cerdas yang bisa membuat berat badan si Kecil bertambah:

Sediakan Makanan Berkalori Tinggi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membantu menambah berat badan si Kecil yaitu dengan menyediakan makanan berkalori tinggi. Kenali berapa kebutuhan kalori si Kecil per hari. Biasanya banyaknya kalori tergantung dari usia anak. Jika ingin menambah berat badan, maka Anda harus menambah kalori sebanyak 3,500 kkal.

berat badan anak

berat badan anak

Tambah Asupan Lemak dan Karbohidrat

Selain kalori, Anda juga perlu menambah asupan lemak dan karbohidrat untuk menambah berat badan anak. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Sebagai contoh, jika Anda memberikan sereal oatmeal dengan air maka ganti dengan susu yang lebih tinggi lemak. Sedangkan karbohidrat bisa ditambahkan melalui camilan seperti granola, kismis, atau buah-buahan kering.

Berikan Camilan Bergizi

Anak-anak sangat menyukai camilan dan hampir setiap hari mereka mengonsumsinya. Berikan camilan yang bergizi agar berat badan si Kecil meningkat. Rekomendasi camilan bergizi yang bisa diberikan yaitu sereal dengan tambahan kacang almond atau roti lapis dengan isian lengkap.

Beri Porsi Makan yang Lebih Besar

Dibandingkan hanya memberi satu porsi kecil, ada baiknya Anda menambah porsi makan menjadi lebih besar. Misalnya biasanya memberikan sereal satu mangkuk kecil, Anda bisa mengganti mangkuk kecil dengan mangkuk yang lebih besar.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah berat badan anak. Nestle CERELAC menghadirkan Nestle CERELAC Nutripuffs yang merupakan camilan sehat dan bergizi. Beberapa kelebihan camilan ini yaitu dibuat dari bahan alami, mudah meleleh di mulut, mengandung zat besi dan vitamin B1 yang tinggi, serta diproses dengan cara dipanggang. Dapatkan Nestle CERELAC Nutripuffs ini di toko maupun minimarket sekitar Anda.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *