Ibu hamil wajib mengetahui tentang apa itu trimester kehamilan dan juga pembagian-pembagiannya. Dengan mengetahuinya, bunda bisa mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan. Di lain sisi, mengetahui trimester juga bagus untuk mengoptimalkan kesehatan janin di dalam kandungan.

Berikut akan kami coba jelaskan pembagian-pembagian trimester pada masa kehamilan. Simak hingga selesai, ya.

  1. Trimester Pertama

Periode ini terjadi pada 14 minggu pertama. Pada trimester pertama ada banyak sekali keluhan dan juga gejala. Ada banyak penyesuaian dan perubahan hormonal kehamilan yang terjadi di masa ini.

DI minggu-minggu awal, perut ibu hamil belum terlihat buncit. Akan tetapi, ada banyak hal yang juga terjadi di dalam tubuh. Di trimester pertama, biasanya ibu hamil akan sering merasa lelah. Gejalanya bisa disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron yang menyebabkan ngantuk.

Trimester Kehamilan

Trimester Kehamilan

  1. Trimester Kedua

Periode kedua ini terjadi pada 14 hingga 26 minggu. Biasanya, di trimester ini, ibu hamil akan mengalami gejal-gejala yang tidak menyenangkan. Misalnya seperti gejala-gejala yang terjadi pada masa awal kehamilan. Di trimester dua, mam masih sering mengalami mual dan terkadang muntah.

Mam juga akan merasakan adanya tekanan pada bagian panggul. Perut pun akan mulai buncit. Bagian kulit di sekitar perut akan terasa gatal karena terjadinya peregangan pada kulit. Di trimester kedua, ibu hamil juga sering mengalami sakit punggung karena beban di bagian depan tubuh.

  1. Trimester Ketiga

Trimester ini terjadi di usia kehamilan 27 minggu hingga akhir kehamilan. Ada banyak sekali perubahan yang terjadi di trimester ini. Rahim akan mulai mendorong diafragma. Otot yang mengatur pernapasan juga akan terganggu. Pada masa ini, bunda akan sering merasa sesak.

Perubahan juga terjadi pada pergelangan kaki, tangan, kaki, dan wajah yang semakin membengkak. Penyebabnya yaitu karena mam menahan lebih banyak cairan dan juga sirkulasi darah yang semakin melambat. Bayi juga akan mulai turun ke jalan lahir dan siap untuk keluar.

Nah, itulah 3 tahap trimester kehamilan yang harus Anda ketahui. Untuk bunda yang sudah melahirkan, optimalkan tumbuh kembang anak dengan susu Wyeth. Pasalnya, kandungan dalam susu Wyeth sangat lengkap untuk menutrisi si kecil.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *