Desain menjadi salah satu bidang di industri kreatif yang terus berkembang pesat di tengah era digitalisasi. Berkembangnya industri kreatif termasuk desain membuat peluang kerja ahli desain lebih terbuka lebar. Anda yang berminat untuk mengasah skill di bidang desain bisa memilih kursus desain. Selain biaya yang lebih terjangkau, kursus juga ditempuh dalam waktu singkat sehingga cocok untuk Anda yang belum bisa melanjutkan kuliah.

Namun pemilihan tempat kursus harus dipertimbangkan dengan baik karena berpengaruh pada kompetensi Anda setelah lulusan. Tempat kursus yang bagus bisa membantu Anda mendapatkan kompetensi yang bagus sehingga mampu bersaing di industri kerja. Berikut ini beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat memilih tempat kursus:

Perhatikan Sistem Pendidikannya

Sistem pendidikan dari tempat kursus yang Anda incar akan berpengaruh pada kompetensi yang Anda dapatkan nantinya. Pastikan sistem pendidikan yang diberikan mengajarkan banyak hal mengenai desain. Tidak hanya desain yang baik saja, siswa juga harus diajari hal-hal penting lainnya yang berhubungan dengan industri desain. Salah satu kompetensi penting yaitu siswa bisa menggunakan software editing yang digunakan di industri desain seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain sebagainya.

kursus desain

kursus desain

Memiliki Tim Pengajar Berpengalaman

Selain sistem pendidikan, tim pengajar yang kompeten juga penting saat memilih tempat kursus desain. Jika tempat kursus menghadirkan tim pengajar yang berpengalaman dan kompeten, maka siswa bisa belajar banyak mengenai desain di dalam industri. Tim pengajar berpengalaman juga selalu mengikuti perkembangan dunia desain yang terus berubah secara cepat seiring kemajuan zaman. 

Memiliki Reputasi yang Baik

Reputasi tempat kursus yang Anda pilih bisa membantu menjamin masa depan setelah lulus. Pasalnya banyak perusahaan yang suka dengan lulusan tempat kursus tertentu karena terjamin kompetensinya. Jika banyak alumni tempat kursus yang Anda pilih bekerja di perusahaan bonafit, maka peluang Anda untuk masuk ke perusahaan bonafit juga lebih tinggi. 

Memiliki Fasilitas Lengkap

Fasilitas yang disediakan tempat kursus perlu dipertimbangkan karena berkaitan dengan sistem pendidikan atau kurikulumnya. Tempat yang bagus dan berkualitas harus menghadirkan fasilitas lengkap untuk siswanya. Pasalnya desain membutuhkan fasilitas seperti komputer dan software dalam pembelajaran. Jika tidak ada fasilitas maka proses Anda untuk belajar dan berkembang akan terhambat. Selain komputer dan software editing, tempat kursus juga harus memiliki perpustakaan dengan buku yang beragam.

Pertimbangkan Biaya

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah mempertimbangkan biaya yang dihadirkan oleh tempat kursus. Anda harus bijak dalam memperhitungkan biaya pendidikan ini. Pasalnya biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan ilmu yang akan didapatkan nanti. Persiapkan biaya pendidikan dengan baik sebelum memulai pendidikan kursus.

IDS, Tempat Kursus yang Tepat

Tidak perlu kesulitan mencari tempat kursus lagi, Anda bisa memilih kursus desain di International Design School atau IDS. Ada dua macam kursus yang dihadirkan yaitu short course dengan pertemuan sebanyak 8-16 kali dan online short course dengan pertemuan sekali. Jika memilih short cource Anda akan mendapatkan pembelajaran Basic Design (8 pertemuan) dan Advanced Design (16 pertemuan). Pilih tingkatan sesuai dengan kemampuan biaya dan kebutuhan Anda.

Banyak hal yang akan Anda pelajari saat kursus di IDS seperti manipulasi gambar, menciptakan komposisi dengan aplikasi grafis, menciptakan gambar vektor, dan masih banyak yang lainnya. Setelah lulus kursus, Anda bisa mendapatkan sertifikat untuk melamar pekerjaan di bidang desain. Lebih lanjut mengenai program desain di IDS bisa Anda lihat sendiri di website resminya yaitu idseducation.com.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *