Siapa sih yang tidak ingin berinvestasi? Investasi saat ini sudah seperti kebutuhan yang harus dipenuhi. Karena tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Instrumen investasi pun beraneka ragam, salah satunya adalah berlian sertifikat yang asli dan langsung dari tokonya, misalnya seperti Mondial & Miss Jewelry.

Ada banyak cara menabung untuk hari tua, namun investasi berupa berlian sertifikat masih sangat jarang peminatnya. Padahal, keuntungan yang diberikan dengan instrumen investasi ini pun tidak jauh menguntungkan dengan lainnya.

Bila Anda berminat untuk terjun ke dunia investasi berlian, tentu Anda harus menyiapkan diri tidak hanya untuk menerima keuntungannya, tetapi juga dengan kekurangan atau kelemahannya. Seperti ulasan yang ada di bawah ini!

Cari Tahu Keuntungan dan Kelemahan Investasi Berlian Sertifikat

Berlian sertifikat

Berlian sertifikat

Keuntungan 

Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan investasi jenis ini, diantaranya adalah :

  1. Keuntungan yang pertama adalah aman dari inflasi. Berbeda dengan emas yang sering mengalami inflasi. Pada berlian Anda tidak perlu khawatir dengan terjadinya inflasi. Bahkan Anda dapat memulai untuk investasi berlian kapan saja tanpa harus ragu dengan nilai jual dan beli berlian yang tidak akan mengalami 
  2. Harus Anda ketahui bahwa investasi berlian jauh berbeda dengan instrumen investasi jenis lainnya yang dikendalikan oleh pihak tertentu. Pada berlian Anda tidak harus khawatir dengan nilai yang diterapkan. Karena nilai pada berlian benar-benar murni berdasarkan pada kualitas dan dikontrol langsung pembeli dan penjual tanpa adanya patokan standar harga.
  3. Nilai pada berlian hampir serupa dengan nilai investasi properti. Nilainya akan malah akan semakin naik dan tinggi. Oleh sebab itu bila Anda ingin berinvestasi pada instrumen ini sangat dianjurkan. Karena mengingat nilainya yang tidak terpengaruh oleh inflasi, sehingga harga pada berlian tidak akan mengalami perubahan meskipun sedang terjadi krisis ekonomi. Ditambah lagi dengan beberapa faktor yang membuat mengapa nilai pada berlian tidak akan mengalami inflasi. Diantaranya adalah faktor kelangkaan jenis batu alam tersebut, peminatnya yang tinggi disertai dengan keindahan yang ditampilkan pada batu alam tersebut.
  4. Dari banyak keuntungan lainnya yang harus menjadi pertimbangan Anda adalah investasi berlian tidak memerlukan biaya perawatan yang tinggi. Meski demikian, tetap perawatan pada berlian juga dibutuhkan perawatan yang khusus. Mengingat berlian adalah batu alam yang memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, akan sangat disayangkan bila dalam perawatannya tidak terjaga. Dan dikhawatirkan juga mampu merusak perhiasan lainnya bila diletakkan dalam satu tempat.

Kerugian

Dan selanjutnya adalah kerugian dari investasi berlian, yakni :

  1. Karena nilai pada berlian tidak dipengaruhi oleh pihak manapun, maka harga pada berlian hanya ditentukan oleh pihak penjual dan pembeli saja. Dan faktor dasar yang menentukan harga dari berlian adalah bentuk, karat, tingkat kejernihan, dan warna. Maka tidak tidak heran kalau harganya hanya akan ditentukan oleh pasar.
  2. Saat akan membeli berlian dan akan dijadikan sebagai investasi, maka Anda harus bersiap-siap untuk mencari calon pembelinya. Menjual berlian jauh berbeda dengan menjual emas atau lainnya. Karena berlian memiliki pasar khusus dengan ragam kerumitan yang sudah ada. Jadi sangat disarankan sebelum Anda terjun ke dunia investasi ini, siapkan mental dan ilmu bernegosiasi agar bisa menjual atau membeli berlian dengan harga yang sesuai.
  3. Kerugian lainnya yang harus Anda ketahui adalah pada berlian tidak akan langsung memberikan keuntungan. Jadi sangat dibutuhkan kesabaran yang ekstra saat akan terjun ke dunia investasi berlian. Perhatikan dengan seksama berlian yang akan Anda beli, pastikan dengan benar kalau berlian yang akan dibeli dan dijadikan sebagai investasi adalah asli. Dan jangan mudah tergiur dengan harga berlian yang murah.

Namun yang paling penting adalah pastikan kalau berlian yang Anda beli merupakan berlian sertifikat, dan dibeli di toko perhiasan yang sudah memiliki nama dan kredibilitas seperti Mondial & Miss Mondial.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *