Anak yang gemuk tidak berarti sehat, anak yang sehat juga tidak selalu harus gemuk. Itulah kenapa, bunda harus mengenal berat badan anak ideal, yang berarti tidak kegemukan, dan juga tidak terlalu kurus. Anda harus tahu berapa berat badan yang ideal untuk si kecil. Apakah mereka terlalu gemuk, atau terlalu kurus?

Nah, berikut akan kami paparkan berapa berat badan si kecil yang ideal sesuai dengan usianya di bawah ini:

  1. Usia 0-12 Bulan

Menurut grafik yang telah dirilis oleh WHO, usia si kecil pada rentang 0-12 bulan, akan mengalami perkembangan berat badan yang cukup signifikan setiap bulannya.

Untuk bayi perempuan, mulai dari 0 bulan (lahir), berat badan minimal yaitu 3,2 kg. Sedangkan untuk bayi perempuan yang sudah berusia 1 tahun atau 12 bulan adalah 8,9 kg. Bayi perempuan umumnya mengalami kenaikan badan normal 1 kg per bulannya.

Sedangkan untuk anak laki-laki, biasanya lahir dengan berat badan 3,3 kg. Sedangkan untuk usia 1 tahun atau 12 bulan yaitu 9,6 kg. Perkembangan berat badan normalnya yaitu rata-rata 1,5 kg per bulannya.

berat badan anak

berat badan anak

  1. Anak Usia 1 Hingga 5 Tahun

Di usia 1 hingga 5 tahun, normalnya anak tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Untuk anak perempuan, di usia 1 tahun yaitu 8,9 kg, bertambah kurang lebih 2 kg setiap tahunnya, hingga mencapai 18,2 kg pada usianya yang ke-5 tahun.

Sedangkan untuk anak laki-laki, di usia 1 tahun yaitu 9,6 kg. Kenaikan berat badan ideal pe tahunnya yaitu kira-kira 2,5 kg. Jadi, di usianya yang ke-5 tahun, anak laki-laki akan memiliki berat badan kira-kira 18,3 kg.

  1. Anak Usia 6 Hingga 12 Tahun

Anak perempuan di usia 6 tahun, idealnya memiliki berat badan 20 kg dan 41 kg di usianya yang ke-16 tahun. Kenaikan badan per bulannya cukup beragam mulai dari 2 hingga 4 kg per tahunnya.

Sedangkan untuk anak laki-laki, usia 6 tahun mereka harus memiliki berat badan 20 kg dan 40 kg di usia 12 tahun. Berbeda 1 kg dari anak perempuan.

Nah, itulah berat badan anak yang ideal sesuai dengan usianya. Bagaimana, mudah dikenali bukan?

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *