Sistem pencernaan anak berfungsi untuk mencerna makanan, menyerap nutrisi, serta menjaga daya tahan tubuh. Karena fungsinya tersebut maka sistem pencernaan anak harus dijaga dengan baik. Apabila tidak dijaga maka si Kecil bisa mengalami gangguan pencernaan seperti diare, konstipasi, perut kembung, dan lain sebagainya. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil adalah memberikan makanan yang menyehatkan. Berikut ini beberapa makanan yang dikenal memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan cerna:

Puree Ubi

Ubi dikenal sebagai bahan makanan yang bisa mencegah terjadinya sembelit. Bunda harus membuat ubi sebagai puree agar lebih mudah dicerna si Kecil. Berikan secara berkala agar mereka tidak merasa bosan.

Pencernaan Anak

Pencernaan Anak

Pepaya

Makanan yang baik untuk saluran cerna selanjutnya adalah pepaya. Enzim papain yang ada di dalam pepa mapu membantu melumatkan makanan sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, pepaya juga berperan dalam membantu penyerapan nutrisi.

Pisang

Pisang menjadi buah yang tidak boleh Bunda remehkan karena memiliki banyak khasiat, termasuk untuk kesehatan saluran cerna. Banyak kandungan penting yang ada di dalam pisang seperti zat besi, vitamin C, B kompleks, dan kalsium. Beberapa manfaat untuk pencernaan yaitu melancarkan buang air besar, mengobati maag, dan mengobati diare.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, A, kalsium, zat besi, karoten, dan lain sebagainya. Selain untuk kesehatan cerna, sayuran hijau juga bisa membantu meredakan radang tenggorokan dan rasa mual.

Yogurt

Yogurt termasuk camilan sehat yang disukai oleh banyak anak-anak. Kandungan bakteri baik yang didapatkan dari hasil fermentasi berperan dalam meredakan gangguan pencernaan di usus manusia.

Itulah 5 makanan yang bisa membantu menyehatkan saluran cerna si Kecil. Selain makanan-makanan tersebut, susu yang mengandung bakteri baik juga bisa membantu menyehatkan saluran pencernaan anak. LACTOGROW 3 bisa menjadi pilihan untuk Bunda yang mencari susu formula untuk si kecil. Pasalnya susu yang diformulasi untuk bayi 1-3 tahun ini memiliki kandungan lactobacillus reuteri yang berguna untuk menurunkan risiko diare dan konstipasi. Lebih lengkap mengenai produk dari Nestle ini bisa Anda lihat di website growhappy.co.id.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *