Memberikan menu MPASI pada saat si kecil menginjak usia 6 bulan menjadi wajib hukumnya. Namun sebelum jauh untuk mempersiapkan bubur tim pertamanya, alangkah baiknya bunda memperhatikan hal-hal berikut, agar pemberian menu MPASI pada si kecil bisa berjalan dengan semestinya. 

  • Mengenalkan satu menu makanan terlebih dulu
bubur tim

Bubur tim

Agar si kecil tidak merasa kaget pada saat menyantap bubur tim pertamanya, maka alangkah lebih baiknya bunda memperkenalkan satu menu atau jenis makanan terlebih dahulu. Untuk kedepannya, bunda baru bisa mulai memberikan 2-3 jenis makanan, dengan dicampurkan pada menu MPASI pertamanya. 

  • Mencampurkan menu MPASI dengan ASI

Agar si kecil merasa familiar dengan menu MPASI yang akan diberikan, maka bunda bisa mengakalinya dengan mencampurkan menunya dengan ASI. Dengan demikian, kecil kemungkinan si kecil untuk menolak menu MPASI pertamanya. 

  • Jangan mencampurkan menu MPASI dengan sayuran bergas

Seperti yang kita ketahui pada umumnya bahwa sistem pencernaan pada bayi, masih terbilang belum sempurna. Sehingga dengan demikian, tidak semua jenis makanan dapat diterima baik oleh sistem pencernaannya tersebut. Untuk itu hindari pemberian makanan berupa sayuran bergas seperti kol, dan juga buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti kiwi atau strawberry. 

  • Berikan air putih di sela-sela makan si kecil

Saat bunda akan memberikan bubur tim kepada si kecil, maka untuk membantu si kecil dalam menelan dan mencerna menu makanan yang diberikan, bunda bisa memberikannya air putih di sela-sela makannya. Namun jangan terlalu banyak juga ya bun, karena takutnya si kecil nanti malah kembung. 

  • Berikan tambahan daging pada menu MPASI nya

Bila si kecil mulai bosan dengan menu MPASI nya yang itu-itu saja, maka sebagai alternatif bunda bisa memberikannya tambahan daging. Selain bisa berperan sebagai menu alternatif, daging juga bisa berperan sebagai tambahan asupan zinc dan zat besi yang lebih tinggi. Untuk daging ayam, bunda bisa memberikan si kecil pada bagian dadanya. Sedangkan untuk daging sapi, lebih baik mulai berikan si kecil pada saat usianya sudah menginjak 1 tahun. Kenapa demikian, karena sejatinya daging sapi memiliki tekstur yang lebih padat sehingga nantinya akan sulit dicerna.

Usia 6 bulan merupakan usia yang pas untuk diberikan MPASI bubur tim pada si kecil. Namun perlu juga bunda memperhatikan hal-hal berikut, sebelum bunda memberikan menu MPASI pertamanya. 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *