Memasuki masa kuliah pasti akan ada banyak hal yang ingin dilakukan untuk mendapat pengalaman. Salah satunya adalah bekerja agar Anda bisa punya relasi yang lebih luas dan juga dapat pemasukan. Namun, untuk bisa kerja sambil kuliah Anda harus bisa mengatur waktu dengan sebaik mungkin agar tidak keteteran.

Membagi Waktu Kerja dan Kuliah

Keterampilan mengatur waktu memang sangat penting dan akan dibutuhkan jika Anda ingin bekerja sembari tetap kuliah. Berikut adalah 5 tips membagi waktu dengan baik agar aktivitas kuliah dan pekerjaan bisa berjalan beriringan.

kerja sambil kuliah

kerja sambil kuliah

  • Beri Batasan

Langkah pertama adalah memberi batasan pada diri Anda. Anda harus bisa memahami sejauh apa kemampuan yang Anda miliki. Kenali batasan yang ada pada diri Anda, mulai dari batasan fisik, pikiran, hingga ketersediaan waktu yang bisa Anda berikan.

Jangan memaksakan diri mengambil jenis pekerjaan yang terlalu berat bahkan melebihi kapasitas diri sebagai mahasiswa. Cari tahu sejauh apa kemampuan Anda untuk bekerja namun tetap bisa berkuliah. Ini adalah pemahaman yang sangat penting agar Anda bisa menjalankan aktivitas perkuliahan dan bekerja secara seimbang.

  • Gunakan Planner

Siapkan buku agenda atau planner untuk mempermudah Anda mengatur waktu yang dimiliki. Manajemen waktu akan jauh lebih mudah untuk dilakukan apabila Anda memiliki panduan tertulis. Anda bisa menyusun planner harian pada malam hari maupun pagi hari sebelum beraktivitas.

Tuliskan apa saja yang harus dikerjakan pada hari tersebut. Tentukan pula waktu menyelesaikan setiap pekerjaan. Pastikan bahwa dalam 24 jam itu semua target pekerjaan punya alokasi waktu yang cukup. Jangan lupa, luangkan juga waktu untuk beristirahat dan melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan maupun aktivitas kuliah agar tetap ada keseimbangan hidup.

  • Pakai Skala Prioritas

Jika Anda memutuskan untuk kerja sambil kuliah maka ada banyak tantangan yang memang harus dihadapi. Salah satunya adalah memilih mana yang harus menjadi prioritas. Menetapkan skala prioritas akan menjadi kunci penting yang mempermudah Anda untuk menyelesaikan semua jenis pekerjaan dengan tepat waktu.

Saat membuat planner harian, tentukan mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Bukan berarti yang lebih dulu diselesaikan itu lebih penting dari yang lain. Pastikan untuk menganggap semua pekerjaan itu penting hanya saja ada urutan yang mana harus diselesaikan lebih dulu sesuai tenggat.

  • Bangun Lebih Pagi

Usahakan untuk bangun lebih awal setiap hari. Perlu diketahui bahwa pilihan untuk bekerja di masa kuliah mengandung arti bahwa Anda akan punya lebih banyak kegiatan. Artinya, Anda harus punya lebih banyak waktu untuk menjalani semua kegiatan tersebut. Oleh karena itu bangunlah lebih pagi agar Anda punya lebih banyak waktu.

  • Berikan Waktu Libur

Poin yang satu ini juga tak kalah penting. Pilih satu hari dalam seminggu untuk berlibur. Luangkan waktu untuk beristirahat bukan hanya fisik tapi juga mental. Waktu istirahat ini akan membantu Anda untuk bisa lebih produktif di kemudian hari. Gunakan waktu libur untuk beristirahat atau bisa juga untuk menekuni hobi yang membuat Anda bahagia.

Itulah 5 tips mengatur waktu bagi Anda yang ingin kerja sambil kuliah. Pilihan bekerja di masa kuliah bisa diambil jika Anda masuk ke jurusan dan kampus yang tepat. Seperti STMIK IDS Digital College yang menyediakan pendidikan ilmu komputer dan informatika. Bidang ilmu ini menyediakan peluang dan kesempatan besar bagi mahasiswanya untuk bekerja saat masih kuliah.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *