Air merupakan elemen terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan air memegang banyak peranan penting mulai dari untuk kebutuhan minum, memasak, mencuci, mandi, pertanian dll. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti membuat sumur sendiri, menggunakan pompa air atau bisa juga menggunakan layanan PDAM. Pengguna PDAM kini dapat bayar tagihan PDAM online sehingga tidak ada alasan lagi untuk terlambat melakukan pembayaran.

6 Tips Menghemat Penggunaan Air

bayar tagihan PDAM online

Bayar tagihan PDAM online

Meskipun keberadaan air bersih cukup melimpah bukan berarti kita dapat menggunakannya secara berlebihan. Pemborosan air bukan hanya berdampak buruk bagi lingkungan namun juga akan membuat tagihan Anda membengkak. Berikut adalah tips bermanfaat untuk menghemat air.

Matikan Keran Ketika Menggosok Gigi

Hal yang paling sering tidak disadari ketika menggosok gigi yaitu membiarkan keran air tetap terbuka. Meskipun menggosok gigi hanya memerlukan waktu beberapa menit saja namun jika keran dibiarkan terbuka kemungkinan air yang terbuang mencapai 10 liter.

Menggunakan Shower

Kamar mandi di Indonesia masih banyak yang menggunakan bak air dari pada shower. Mandi menggunakan shower terbukti jauh lebih menghemat air daripada menggunakan air bak mandi. Penggunaan air dalam rumah tangga lebih banyak dihabiskan di kamar mandi. Anda pun tentu dapat membayangkan berapa liter air yang dihabiskan dalam satu hari untuk memenuhi kebersihan badan.

Ganti Keran Yang Bocor

Jika di rumah Anda ada keran air yang bocor maka segera ganti dengan keran yang baru. Tetesan atau rembesan air dari keran yang bocor jika ditampung bisa mencapai 25 liter perhari. Hal sepele seperti ini yang seringkali membuat tagihan air menjadi bengkak.

Mendaur Ulang Air

Mendaur ulang air dapat dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu cukup menyiapkan tempat untuk menampung air bekas mencuci pakaian atau sayur. Air tersebut dapat Anda gunakan untuk menyiram tanaman atau mencuci kendaraan. Selanjutnya Anda dapat membilas kendaraan Anda dengan menggunakan air bersih. Selain ramah lingkungan, cara ini juga dapat menghemat tagihan Anda.

Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di pagi dan sore hari. Sedikitnya Anda akan menghabiskan sekitar 20 liter atau satu galon air untuk membersihkan badan Anda. Agar tidak terlalu banyak menghabiskan air maka Anda perlu mengurangi waktu mandi Anda. Langkah sederhana ini dapat menghemat air hingga 30 %.

Gunakan tombol flush Seperlunya

Tombol flush ini terdapat pada toilet yang berfungsi untuk menyiram kotoran. Biasanya, pada toilet akan terdapat 2 macam tombol flush yaitu tombol besar dan tombol kecil. Keduanya tentu mempunyai fungsi yang berbeda. Penggunaan tombol yang tepat gunakan akan sangat ber berperan dalam menghemat air. Jika kotoran padat maka gunakan tombol flush besar untuk menyiramnya sehingga Anda tidak perlu menekan tombol flush berkali. Sedangkan untuk kotoran cair, gunakan tombol kecil karena jumlah air yang dikeluarkan sekitar 3 liter.

Bayar Tagihan Tepat Waktu Dengan Bank Sinarmas

Bayar tagihan PDAM online kini dilakukan oleh nasabah bank Sinarmas. Selain menghemat waktu, cara pembayaran online pun juga sangat mudah dan praktis. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu khawatir untuk terlambat membayar tagihan karena tidak punya waktu untuk datang ke kantor PDAM terdekat.

Membayar tagihan PDAM melalui bank Sinarmas dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya Mobile Banking (menggunakan aplikasi Simobi), Internet banking, ATM, auto debet. Anda pun bisa datang langsung ke bank terdekat dan teller pun akan siap membantu Anda.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *