Ibadah haji adalah rukun Islam yang ke lima. Sudah dipastikan bahwa setiap orang muslim ingin pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji. Namun, perlu anda ketahui bahwa berangkat ke tanah suci juga memerlukan biaya. Tidak hanya cukup siap batinnya saja, namun lahirnya juga harus siap. Mulai dari biaya untuk berangkat dan kesehatan fisik anda.

Bagi siapa saja yang sudah melaksanakan rukun kelima tersebut, maka lengkaplah ke lima rukun yang sudah dilaksanakan. Untuk berangkat haji tentunya juga memerlukan biaya pastinya. Oleh sebab itu, anda perlu menabung sedikit demi sedikit untuk biaya keberangkatan haji. Anda bisa menabung sendiri di rumah atau juga bisa membuka tabungan haji di bank Danamon.

tabungan haji

tabungan haji

Bagaimana sih cara menyisihkan uang agar bisa menabung untuk persiapan berangkat haji dengan penghasilan setiap hari, minggu, dan bulannya pas-pasan? Yuk ikuti tips berikut ini, simak dan terapkan ya agar anda bisa menabung!

  • Kurangi atau Menghentikan Membeli Makanan Di Luar

Agar anda bisa menabung untuk persiapan berangkat haji, anda dapat mengurangi atau bahkan menghentikan membeli makanan di luar. Misalnya makan di sebuah café sekalian nongkrong bersama teman-teman anda yang tentunya banyak mengeluarkan uang. Dengan mengurangi kebiasaan makan di luar, anda dapat menghemat uang dan dapat menggunakannya sebagai tabungan haji di Bank Danamon.

  • Menabung Sedikit Demi Sedikit

Agar uang anda segera terkumpul, anda dapat menabung sedikit demi sedikit. Misalnya anda menabung mulai dari 10.000 atau 20.000 per harinya. Cobalah untuk tidak memakai uang tabungan tersebut sampai jangka waktu yang telah anda tentukan untuk menggunakan uang tersebut sebagai DP mendaftar haji. Pastinya, anda akan merasa senang karena uang yang anda kumpulkan ternyata lumayan banyak.

  • Shodaqoh dan Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Jika anda memiliki niat baik, maka anda juga melakukan kegiatan yang baik. Karena anda ingin sedang mengumpulkan uang untuk modal naik haji. Anda dapat memberikan sebagian rezeki anda setiap bulannya kepada orang yang berhak menerimanya agar uang yang anda gunakan untuk berangkat haji juga barokah. Jika uang yang anda gunakan berangkat haji juga barokah, InsyaAllah saat tiba anda berangkat haji maka diberikan kelancaran oleh Allah SWT.

  • Mengikuti Lembaga Haji

Tips yang terakhir setelah mengumpulkan tabungan haji di Bank Danamon adalah dengan mengikuti lembaga haji, agar anda dapat mengetahui segala informasi tentang keberangkatan haji. Agar anda lebih siap untuk berangkat haji, jika anda sudah mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji. 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *