Menggadaikan aset untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain menjadi hal yang jamak di masa kini. Pasalnya dana yang cair dari proses penggadaian bisa digunakan untuk berbagai macam hal mulai dari kebutuhan mendesak hingga kebutuhan konsumtif. Salah satu aset yang sering digunakan untuk mendapatkan pinjaman dana adalah sertifikat rumah.

Dibandingkan aset lain, gadai sertifikat rumah memberikan lebih banyak pinjaman karena harga rumah yang lebih tinggi. Namun Anda juga perlu tahu faktor apa saja yang memengaruhi nilai rumah ketika dijadikan jaminan. Berikut ini faktor-faktornya:

Lokasi

gadai sertifikat rumah

gadai sertifikat rumah

Lokasi menjadi faktor utama yang paling berpengaruh pada harga sebuah rumah. Selain strategis, lokasi rumah juga harus aman dan memiliki suasana yang nyaman. Jika rumah Anda memiliki kriteria tersebut maka nilainya pasti akan tinggi.

Luas Bangunan

Luas bangunan rumah tentu saja akan berpengaruh pada harga rumah. Beberapa perusahaan pembiayaan terkadang juga mengharuskan rumah yang digadaikan minimal memiliki 2 lantai. Namun hal tersebut tergantung kebijakan perusahaan pegadaian yang Anda pilih.

Luas Tanah

Sama halnya seperti luas bangunan, luas tanah menjadi hal selanjutnya yang berpengaruh pada harga rumah yang dijaminkan. Ada beberapa jenis rumah yang full bangunan, jadi tidak ada tanah yang tersisa. Namun ada juga rumah yang memiliki halaman luas sehingga harganya lebih mahal.

Kualitas Lantai

Kualitas lantai ternyata juga berpengaruh pada besar pinjaman yang didapatkan dari gadai sertifikat rumah. Jenis lantai seperti keramik, marmer, atau granit memiliki nilai atau harga yang berbeda-beda.

Kualitas Bangunan

Faktor terakhir yaitu kualitas bangunan, termasuk bangunan lawas atau bangunan baru. Bangunan baru tentu saja memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan bangunan lawas. Selain itu, kualitas bangunan juga berhubungan dengan desain dari rumah yang dijadikan jaminan.

Itulah beberapa faktor yang berpengaruh pada nilai rumah yang dijadikan jaminan. Jika nilai rumah tinggi maka pinjaman yang bisa didapatkan juga tinggi. Salah satu perusahaan kreditur yang memberikan pinjaman tinggi dari gadai sertifikat rumah adalah BFI Finance. Selain plafon yang tinggi, ada beberapa kelebihan lain seperti tenor panjang, bunga ringan, syarat mudah, dan lain-lain. Sekarang Anda juga bisa mengajukan penggadaian secara online melalui produk.bfi.co.id.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *