RAB atau Rencana Anggaran Biaya merupakan hal penting yang harus dirancang sebelum mulai membangu sebuah rumah. Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum mengetahui apa saja sebenarnya fungsi dan manfaat dari RAB ini. Fungsi utama RAB sendiri tentu saja untuk mengetahui estimasi biaya bangun rumah secara lebih rinci dan detail. Jadi pembangunan yang dilakukan bisa lebih terarah dan tepat sehingga budget tidak membengkak. Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari RAB, diantaranya yaitu:

Menetapkan Total Biaya Pekerjaan

Fungsi atau manfaat utama dari RAB adalah menghasilkan jumlah total biaya pembangunan rumah dari awal hingga akhir. Tidak hanya angka saja, namun juga ada detail item pekerjaan yang akan dikerjakan nantinya. Beberapa informasi penting yang ada pada RAB diantaranya yaitu biaya material, tukang, hingga perizinan.

estimasi biaya bangun rumah

estimasi biaya bangun rumah

Mengetahui Peralatan

Di dalam RAB tidak hanya memberikan informasi mengenai estimasi biaya bangun rumah saja namun juga peralatan apa saja yang akan digunakan. Oleh sebab itu, RAB ini juga menjadi acuan bagi kontraktor untuk membangun rumah. Pada umumnya RAB yang detail dibuat untuk memudahkan kontraktor juga.

Mengetahui Daftar Persediaan Bahan

Manfaat selanjutnya yaitu untuk mengetahui dan menetapkan apa saja bahan yang akan digunakan serta berapa jumlah bahan yang dibutuhkan. Jadi rincian pembangunan bisa sangat jelas sehingga kemungkinan budget membengkak akan lebih tipis.

Dasar Pemilihan Kontraktor

Fungsi terakhir dari RAB ini mungkin tidak banyak diketahui oleh mereka yang akan membangun rumah. RAB bisa dijadikan dasar dalam memilih kontraktor karena ada detail informasi terkait pembangunan. Jadi Anda bisa menyesuaikan kebutuhan kontraktor dengan kebutuhan pembangunan yang ada di dalam RAB.

Itulah berbagai fungsi dari estimasi biaya bangun rumah melalui pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya). Ingin biaya bangun rumah lebih hemat? Anda bisa memilih material yang terjangkau seperti Semen Tiga Roda. Tidak hanya terjangkau saja, Semen Tiga Roda juga berkualitas dan teruji. Ada beberapa jenis semen yang disediakan oleh Semen Tiga Roda mulai dari semen biasa hingga semen putih. Tunggu apalagi dapatkan Semen Tiga Roda di toko bangunan favorit Anda.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *