Ketika si kecil di usia 4 – 5 tahun tentunya menjadi suatu hal yang penting sekali, alasannya karena usia tersebut adalah dasar perkembangan untuk tahap perkembangan anak selanjutnya. Banyak hal yang terkait dalam ciri ciri pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Hal itu mengaitkan berbagai aspek dari mulai kognitif, sosial, motorik dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah ulasannya untuk Anda.

1 . Bahasa Kognitif

Dua dua sisi dari si kecil, ada anak yang suka sekali bercerita akan tetapi ada juga dari mereka yang pendiam. Akan tetapi sebagai orang tua mesti membedakan mana yang pendiam serta perkembangan bahasa yang terlambat. Disisi lain dari segi bertutur, perkembangan bahasa pun termasuk kebiasaan si kecil berirama ataupun bernyanyi.

ciri ciri pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun

ciri ciri pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun

2 . Motorik

Ciri ciri pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun biasanya anak sering aktif, contohnya seperti menendang bola, berlari, melompat, memanjat, berayun dengan mudah  hal tersebut sering kali disebut dengan motorik kasar. Tahukah Anda bahwa tonggak perkembangan yang lain yaitu soal keterampilan koordinasi tangan serta jari yang lebih baik atau juga keterampilan disebut keterampilan motorik halus.

3 . Sosial Emosional

Di usia tersebut si kecil sudah mulai belajar konsep atau juga mereka melihat dari sisi orang lain. Selain Itu umumnya anak dapat mulai memahami perasaan orang lain serta disisi lain juga dapat menyelesaikan konflik dengan lebih baik.

Perkembangan emosional serta sosial yang diharapkan sudah dicapai oleh si kecil diantaranya yaitu, pemahaman yang lebih baik soal peraturan, walaupun terkadang menunjukan perilaku tidak kooperatif, keterampilan berbagai serta bergantian dalam permainan.

Si kecil masih belum bisa membedakan yang namanya fantasi dan juga kenyataan, ekspresi kemarahan lebih sering menggunakan kata – kata dibandingkan dengan fisik. Di usia sekarang ini juga mereka mulai menunjukan tanda – tanda bahwa mereka mengatakan hal – hal yang lucu atau mulai bercanda.

Sekian informasi soal ciri ciri pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Informasi yang satu ini tentunya sangat penting sekali bagi orang tua yang baru saja memiliki seorang anak dan pasti ingin tahu tumbuh kembang si kecil. Semoga bisa menjadi referensi.

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *