Tahukah moms, kalau konstipasi atau sembelit merupakan hal yang kerap terjadi pada anak. Ini dikarenakan sistem pencernaan anak memang belum sempurna, sehingga rentan mengalami masalah pencernaan. Apa penyebabnya? Mungkin si kecil kurang mengonsumsi serat. Perlu mom ketahui, makanan berserat itu mengandung prebiotik yang baik dalam menunjang pertumbuhan probiotik untuk anak

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan pada anak.  Lactobacillus dan Bifidobacterium merupakan dua contoh bakteri probiotik yang paling umum ditemui. 

probiotik untuk anak

probiotik untuk anak

Cara Mengatasi Konstipasi Pada Anak

Nah, Jika sembelit terjadi pada si kecil, tidak perlu khawatir moms, karena ini bisa diatasi. Bagaimana caranya? Yuk simak tips di bawah ini untuk mengatasi konstipasi pada anak!

  • Beri Si Kecil Minum yang Cukup

Sistem pencernaan tentu memerlukan cairan sebagi bantuan memprosesnya. Nah, untuk itu, wajib bagi moms memberi si kecil setidaknya 1,3 liter air putih dalam sehari, ini takaran untuk anak 1-3 tahun. Ini bertujuan untuk mencegah tinja menjadi keras. Perhatikan asupan air putih anak ya moms!

  • Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur memang sangat penting untuk anak-anak di masa pertumbuhannya. Moms harus pastikan si kecil mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya. 

Beri beberapa buah dan sayur untuk meredakan gejala sembelit seperti apel, pir, aprikot, kurma, pepaya, brokoli, kubis, kacang polong, selada, dan kembang kol.

  • Beri Makanan dan Minuman yang Mengandung Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat diperoleh dari makanan atau minuman yang mengandung prebiotik. Makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik) seperti yogurt, makanan berserat, atau produk susu yang mengandung probiotik bisa membantu melancarkan pencernaan si kecil. Jadi, untuk menghindari sembelit, perhatikan asupan serat agar dapat menunjang pertumbuhan bakteri baik atau Probiotik untuk anak ya moms!

  • Mencari Penyebab Konstipasi atau Sembelit

Moms, ini merupakan hal paling penting. Kenapa? Agar moms dapat mengantisipasinya supaya si kecil tidak mengalami sembelit lagi. Caranya? Jika memang sembelit ini diakibatkan karena pola makan si kecil yang kurang baik, moms dapat mengubahnya agar menjadi lebih baik. Jika penyebabnya adalah karena si kecil stress dengan yang namanya toilet training, moms dapat mengubah metodenya.  

Nah, itu beberapa tips mengatasi konstipasi pada anak. Jangan lupa perhatikan asupan prebiotik pada anak ya moms, agar probiotik untuk anak dapat tumbuh dengan baik. 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *