Harga ban motor

Harga ban motor

Motor keluaran terbaru kini banyak yang menggunakan ban tubeless karena durabilitasnya lebih awet dan dapat diandalkan di berbagai medan. Harga ban motor tubeless memang lebih lebih mahal jika dibandingkan dengan ban biasa. Namun demikian, hal ini sebanding dengan performa dan durabilitasnya yang lama.

Perawatan yang tepat juga akan memperpanjang durabilitas sehingga Anda pun bisa lebih hemat. Yuk, cari tahu bagaimana cara merawat ban tubeless yang baik dan benar dengan membaca pembahasan berikut!

Tips Merawat Ban Tubeless

Anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti di bawah ini jika untuk memperpanjang usia pakai.

1. Periksa Kondisi Ban Secar Rutin

Bagi Anda yang aktif berkendara dengan motor setiap hari, pastikan selalu memeriksa kondisi ban sebelum melakukan perjalanan. Hal sederhana ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah tekanan angin ban tersebut cukup atau justru kurang. Selain itu, Anda juga bisa memantau kondisi permukaan ban sehingga mengetahui kapan perlu mengganti ban jika sudah mulai gundul.

2. Hindari Menuangkan Cairan Anti Bocor

Ban tubeless menggunakan teknologi yang berbeda dengan ban biasa sehingga jika terjadi kebocoran tidak bisa diperbaiki. Mengingat ban tubeless mempunyai lapisan fluid sealant, maka lapisan ini memungkinkan ban untuk merapat dan menutupi kebocoran.
Biasanya, pengguna ban tubeless menggunakan cairan anti bocor untuk menutup kebocoran. Sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini karena mempunyai potensi negatif yang dapat merusak ban.
Cairan anti bocor bisa saja merembet ke area lain dan menyumbat pentil. Selain itu, cairan anti bocor juga dapat mengurangi kestabilan ban motor karena menggumpal pada titik tertentu.
Menutup kebocoran menggunakan cairan anti bocor juga dapat merusak velg bagian dalam. Cairan kimia tersebut akan membuat velg berkarat sehingga mudah rusak.

3. Jangan Membeli Ban Tubeless yang Sudah Lama atau Kadaluarsa

Jika ingin ban tubeless Anda awet, hindari membeli ban yang sudah sangat lama atau bahkan kadaluarsa. Anda bisa melihat kapan ban tersebut diproduksi dengan memperhatikan informasi yang terdapat pada lingkaran ban. Misalkan informasi tersebut tertulis 3107, artinya perusahaan memproduksi ban di minggu ke 31 pada tahun 2007.
Kualitas ban yang sudah lama atau kadaluwarsa akan menurun karena karet akan mengeras. Alhasil, jika Anda menggunakan ban yang kadaluarsa, maka berkendara akan terasa tidak nyaman karena ban terasa bergeronjal.

4. Jangan Memuat Melebihi Kapasita

Jika Anda sering menggunakan motor untuk mengangkut barang, pastikan tidak membawa muatan melebihi kapasitas ban. Pasalnya, setiap jenis ban mempunyai kapasitas beban maksimal masing-masing. Membawa muatan berlebihan akan meningkatkan tekanan pada ban sehingga ban mudah pecah.

5. Gunakan Nitrogen

Hindari mengisi tekanan angin ban tubeless yang hanya menyediakan isi angin biasa. Gunakan nitrogen untuk mengisi tekanan angin supaya ketika Anda berkendara dalam kecepatan tinggi ban tidak cepat panas. Gas nitrogen juga dapat menjaga tekanan ban lebih baik jika dibandingkan dengan angin biasa. Ban yang diisi dengan nitrogen juga lebih awet dan tidak mudah kempes.

6. Hindari Melewati Jalan Berlubang

Meskipun ban tubeless dapat Anda andalkan untuk semua medan, sebaiknya Anda menghindari melewati jalan yang berlubang. Permukaan jalan yang tidak rata akan membuat ban sering mengalami hentakan sehingga membuat ban cepat rusak.
Ayo Beli Ban Berkualitas di Dunlop!

Anda bisa membeli ban untuk berbagai jenis kendaraan di Dunlop. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ban biasa maupun ban tubeless dengan kualitas terbaik. Harga ban motor di Dunlop tentu lebih terjangkau dan terjamin keasliannya. Silakan kunjungi website resminya sekarang dan dapatkan ban yang Anda butuhkan!

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *