Saat Si Kecil berada dalam masa pertumbuhan, tentu saja kebutuhan gizinya harus terpenuhi dengan baik. Itulah sebabnya, Ibu harus mencukupi asupan nutrisinya dengan memberinya makanan bernutrisi. Dengan mencukupi asupan nutrisinya, Si Kecil bisa melalui pertumbuhan dan perkembangannya dengan optimal. 

Nah, apa saja sih makanan bernutrisi yang bisa mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil? yuk simak penjelasannya berikut ini.

Makanan sehat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil

makanan bernutrisi

makanan bernutrisi

Susu

Tentu saja Ibu pasti tahu khasiat susu bagi tumbuh kembang Si Kecil. Ya, susu kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa membangun otot. Seperti halnya susu Nutricia yang baik untuk tumbuh dan kembang Si Kecil. Ibu bisa menyajikan susu bersama sereal untuk sarapan paginya. Selain itu, Ibu juga bisa mencampurkan susu dengan buah-buahan seperti pisang dan stroberi untuk diolah menjadi smoothies. 

Telur

Telur merupakan salah satu sumber kolin. Kandungan ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak Si Kecil. Selain itu, telur juga dikenal sebagai sumber protein yang baik. Ibu bisa mengubah telur menjadi beberapa olahan makanan yang disukai Si Kecil. Ibu bisa merebusnya, menggorengnya menjadi telur mata sapi, atau mencampurnya dengan sayuran untuk dijadikan omelet. 

Ikan

Ikan merupakan makanan yang kaya protein. Ikan juga bisa membantu membangun tulang dan otot yang sehat. Ikan salmon, tuna, sarden, dan sejenisnya juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Sehingga makanan ini dapat mendukung perkembangan otak, mata, dan saraf Si Kecil. Ikan juga memiliki kandungan AHA dan DHA yang tinggi. Ibu bisa memodifikasi olahan ikan agar Si Kecil lahap dalam mengonsumsinya. Ibu bisa mencampurkan ikan dengan nasi, kentang, dan tahu untuk diolah menjadi sushi, bola ikan, dan juga kue ikan. 

Gandum

Gandum merupakan sumber serat utama yang bekerja untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Gandum bisa berupa sereal,biscuit, atau camilan lainnya yang disukai anak-anak. Sereal seringkali disajikan dengan susu untuk menu sarapan Si Kecil. tentu saja menu sarapan tersebut merupakan makanan yang sehat untuk tumbuh kembangnya.

Buah dan sayur

Sayuran seperti brokoli, wortel, tomat, labu, sawi, bayam, labu memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik. Wortel misalnya, wortel mengandung beta karoten dan karotenoid yang dapat diubah menjadi vitamin A. Vitamin ini sangat baik untuk kulit dan penglihatan. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh. 

Sedangkan buah, terutama buah beri-berian memiliki banyak kandungan gizi. Jenis buah tersebut memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, antioksidan, dan juga phytochemical. Kandungan Tersebut berfungsi untuk melindungi sel-sel yang sehat dari kerusakan. Selain itu, kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Daging ayam

Sebagai salah satu protein hewani, daging ayam sangat baik bagi tumbuh kembang Si Kecil. daging ayam mengandung tryptophan yang berfungsi sebagai antidepresan, fosfor yang menjaga kesehatan gigi dan tulang, niasin untuk mencegah kanker. Selain itu daging ayam juga memiliki kandungan vitamin B2 yang berfungsi untuk menjaga perkembangan dan fungsi kulit dan juga kesehatan mata. Daging ayam juga berfungsi untuk membantu metabolisme karbohidrat, protein dan lemak untuk menghasilkan energi. 

Nah, itulah beberapa makanan bernutrisi untuk tumbuh kembang anak. Semoga membantu. 

Kategori: BISNIS

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *